Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat dan Membersihkan Lemari Dapur Kayu Solid

Kompas.com - 24/07/2022, 09:45 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai salah satu furnitur dapur, lemari dapur perlu mendapat perawatan dengan baik, terutama yang posisinya dekat dengan kompor, wastafel, dan kulkas.

Sebab, posisi rentan membuat lemari dapur terkena cipratan apa pun seperti minyak dan air. Lemari dapur yang tidak mendapat perawatan baik dapat membuatnya lapuk dan tampilannya buruk lantaran memiliki tumpukan noda.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Terjadi saat Menata Lemari Dapur

Kendati demikian, memberihkan lemari dapur berbahan kayu solid tidak bisa dilakukan secara sembarangan untuk menjaga materialnya tetap bagus serta tahan lama.

Lantas, seperti apa cara membersihkan lemari dapur dan merawatnya?

Gilang Afif, Sales Assistant di Dekoruma Experience Center Bintaro Jaya Xchange Mall, memberikan bocoran tentang cara membersihkan lemari dapur kayu solid.

“Pertama, jangan mengelap terlalu basah. Bisa dilap pakai kain, tetapi langsung diperas menjadi lembap,” ungkapnya kepada Kompas.com di Tangerang Selatan, baru-baru ini. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Kombinasi Lantai dan Lemari Dapur yang Nyaman

Menurutnya, cara ini dapat mencegah kayu solid terlalu banyak menyerap air sehingga menjadi rembes dan cepat lapuk.

Sebab, sebagus apa pun produk olahan kayu solid, bisa cepat rusak jika metode pembersihan rutinnya tidak dilakukan dengan tepat.

“Kalau bisa dilap lagi pakai lap kering, malah ini lebih bagus, tapi kalau hanya lembap saja, ya juga enggak apa-apa,” imbuh Gilang.

Baca juga: 5 Cara Merawat Lemari Dapur agar Tetap Bagus Selama Bertahun-tahun 

Frekuensi membersihkan lemari dapur kayu solid

Ilustrasi dapur, ilustrasi lemari dapur kayu solid.SHUTTERSTOCK / Marcel Poncu Ilustrasi dapur, ilustrasi lemari dapur kayu solid.

Gilang tidak menampik bahwa lemari dapur bisa menjadi kotor dengan cepat, tetapi tidak perlu dibersihkan hampir setiap hari.

Akan tetapi, jika ingin membersihkannya setiap hari, ia menyarankan menyeka semua permukaan hanya dengan kain kering saja.

Sementara itu, untuk lemari dapur yang sudah berdebu, segera membersihkan dengan kain lembap, lalu menyeka kembali dengan kain kering. 

Untuk lemari yang terkena nnoda cipratan, bersihkan dengan larutan pembersih dan lakukan dengan segera supaya noda tidak semakin menempel dan sulit dihilangkan. 

Baca juga: Mengapa Warna Finishing pada Lemari Dapur Berubah? 

Bagaimana dengan larutan pembersih?

Ilustrasi dapur, ilustrasi lemari dapur kayu solid.SHUTTERSTOCK / George Tsamakdas Ilustrasi dapur, ilustrasi lemari dapur kayu solid.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com