Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hasil Akhir Cat yang Cocok dan Harus Dihindari di Rumah

Kompas.com - 22/07/2022, 14:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat ruangan menjadi salah satu cara termudah untuk mempercantik rumah serta menghadirkan suasana menyenangkan dan nyaman.

Namun, tak semua cat memberikan tampilan tersebut. Ada beberapa lapisan cat tertentu yang dapat membuat rumah terlihat buruk, sementara yang lain dapat membantu rumah tampak lebih bersih. 

Baca juga: 7 Warna Cat yang Dapat Memberikan Ketenangan di Kamar Mandi

Kate Lester dari Kate Lester Interiors mengatakan aturan umum memilih lapisan cat adalah semakin tinggi kilap atau kilau, semakin besar daya tahannya dan semakin mudah dibersihkan.

Namun, semakin mengkilap cat, semakin besar kemungkinannya untuk menunjukkan kotoran. Karena itu, tak semua lapisan cat atau hasil akhir cat cocok dengan semua ruangan di rumah.

Misalnya, lapisan cat yang mengkilap tampak paling baik dan bersih untuk ruangan dengan lalu lintas rendah.

Kunci memilih lapisan cat yang tepat sebenarnya lebih pada menemukan keseimbangan antara estetika, daya tahan, dan kebersihan. 

Dilansir dari Real Simple, Jumat (22/7/2022), berikut hasil akhir cat yang cocok dan harus dihindari di rumah menurut desainer interior. 

Baca juga: 4 Faktor yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Warna Cat Kamar Mandi

Hasil akhir sangat mengkilap

Ilustrasi cat, ilustrasi mengecat ruangan, ilustrasi mengecat rumahShutterstock/fongbeerredhot Ilustrasi cat, ilustrasi mengecat ruangan, ilustrasi mengecat rumah
Menurut Alexis Rodgers dari Home with Alexis, cat high-gloss memiliki perawatan tinggi. Hasil akhir yang sangat mengkilap ini tidak bisa menyembunyikan ketidaksempurnaan pada dinding seperti paku, retakan, atau bekas rol. 

Jadi, area mana pun di rumah yang mengalami banyak kerusakan tidak ideal untuk menggunakan cat dengan hasil akhir sangat mengkilap. 

"Dinding mengilap yang dicat satu atau dua tahun, lalu mulai terkelupas, dapat menempatkan Anda pada posisi berbahaya," ucap Lisa Rickert, CEO dan Direktur Kreatif Jolie Home. 

Maureen Stevens dari Maureen Stevens Design merekomendasikan hasil akhir yang sangat dapat diaplikasikan pada area yang ingin memiliki tampilan berdampak tinggicseperti pintu, lorong, atau ruangan khusus di rumah. 

Cat dengan hasil akhir sangat mengkilap bisa memantulkan cahaya dengan sangat baik. Jadi, sebaiknya mempertimbangkan ruangan tanpa jendela atau cahaya rendah seperti kamar mandi, ruang rias, bahkan ruang kerja di rumah. 

Baca juga: 9 Warna Cat yang Dapat Membuat Ruangan Terlihat Lebih Besar 

Hasil akhir mengkilap

Ilustrasi cat, ilustrasi warna cat. Shutterstock/Sebastian Duda Ilustrasi cat, ilustrasi warna cat.
Hasil akhir cat yang mengkilap terlihat bagus untuk dapur, terutama bila sering memasak, karena kerap mengalami tumpahan makanan dan cipratan minyak. Cat dengan hasil akhir ini dapat dengan mudah dibersihkan daripada pelapis cat lainnya. 

Hasil akhir semi-gloss

Cat semi-gloss sedikit mengkilap, tetapi tidak memantulkan terlalu banyak cahaya. Lester suka menggunakan cat semi-gloss pada panel dinding atau area yang terlihat banyak keausan.

"Standar internal kami saat mendesain rumah adalah menggunakan semi-gloss untuk alas tiang, selubung pintu, dan pintu," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com