Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Warna Cat yang Cocok Diterapkan di Dapur Menurut Feng Shui

Kompas.com - 12/06/2022, 13:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber HGTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat memikirkan cara mendesain dapur baru atau memperbarui dapur, feng shui dapat membantu menciptakan ruang harmonis yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan, salah satunya melalui warna cat

Dalam feng shui, warna cat dapur adalah bagian penting dalam menciptakan dapur yang efisien, tapi menenangkan. 

Baca juga: 10 Buah yang Membawa Keberuntungan Menurut Feng Shui 

Dilansir dari HGTV, Minggu (12/6/2022), warna putih, kuning, biru, hijau, krem, merah, dan oranye adalah warna cat dapur feng shui yang penting, tapi harus memahami cara menggunakannya.

Nah, berikut arti dan cara menggunakan setiap warna tersebut pada dapur. 

Putih

Ilustrasi dapur putih, ilustrasi dapur terbuka.Shutterstock/Image Supply Ilustrasi dapur putih, ilustrasi dapur terbuka.
Putih adalah warna yang populer pada sebagian besar dapur dan ini adalah warna bagus untuk memulai saat menggunakan feng shui di rumah. 

Putih menyimbolkan kebersihan dan kemurnian sehingga cocok untuk dapur. Putih juga cocok untuk semua warna serta memberikan nuansa lebih hangat sehingga ruangan tidak terasa terlalu kaku dan dingin.

Pertimbangkan menggunakan warna putih pada dinding dan lemari dapur, lalu tambahkan aksen lebih hangat melalui perawatan countertops, backsplash, dan jendela

Baca juga: 5 Warna Cat Terbaik untuk Meningkatkan Nilai Jual Rumah 

Cream 

Cream, oatmeal, khaki, dan warna tanah lainnya juga cocok digunakan di dapur. Menurut prinsip feng shui, warna-warna netral ini dapat membawa stabilitas ke rumah tangga dan membantu Anda memiliki ruang memasak yang harmonis.

Selaian itu, cream memberikan suasana hangat dan nyaman sehingga cocok dengan banyak warna lain dan membuat dapur terasa nyaman. 

Baca juga: 6 Cara Menjaga Dapur Tetap Rapi dan Teratur

Kuning

Ilustrasi dapur dengan warna cat kuning.SHUTTERSTOCK/Artazum Ilustrasi dapur dengan warna cat kuning.
Kuning adalah warna cat dapur feng shui yang populer. Kuning diyakini dapat mempromosikan sosialisasi dan menciptakan ruang yang menggembirakan serta ceria bagi Anda dan keluarga untuk menikmati makanan.

Pilih warna kuning muda atau kuning keemasan yang menenangkan dan jauhi warna-warna mengejutkan yang dapat membuat orang gelisah. 

Baca juga: 6 Tips Menyimpan dan Merapikan Peralatan Dapur Berukuran Kecil 

Biru

Diyakini mengekang rasa lapar, biru adalah warna cerdas untuk keluarga yang memperhatikan berat badan mereka.

Namun, biru juga memberi ketenangan, memiliki nuansa halus, dan dapat langsung menenangkan ruang yang sibuk. 

Namun, sebaiknya menggunakan warna cat ini dalam dosis kecil pada dapur. Pakar feng shui percaya bahwa menggunakan terlalu banyak warna biru dapat mengurangi keindahan makanan. 

Baca juga: Catat, Ini Warna Cat yang Tidak Boleh Digunakan di Ruang Makan 

Hijau

Ilustrasi dapur dengan warna cat dinding hijau. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi dapur dengan warna cat dinding hijau.
Hijau adalah warna dapur populer lainnya, Menurut feng shui, menerapakan warna cat hijau pada dapur dapat meningkatkan pencernaan.

Pilih hijau lembut dan bersahaja untuk membantu menciptakan ruang santai. Untuk meningkatkan nada bersahaja ini, letakkan satu atau dua tanaman hidup di dapur. 

Baca juga: 5 Warna Cat Dinding yang Membuat Rumah Terasa Lebih Menyenangkan 

Merah

Merah adalah warna cat dapur populer lainnya, tetapi beberapa ahli feng shui percaya warna berapi-api ini dapat menciptakan ketidakseimbangan di dapur saat digunakan dalam dosis besar.

Untuk itu, sebaiknya menggunakan warna yang lebih netral pada sebagian besar ruangan dan hanya menggunakan merah sebagai warna aksen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber HGTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com