Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Fakta Menarik Kelinci Anggora, Ras Tertua dan Berbulu Halus

Kompas.com - 22/07/2022, 13:30 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKelinci umumnya memiliki bulu yang lebat, terlebih kelinci Anggora. Saking lebatnya, mata kelinci Anggora sampai hampir tidak terlihat.

Selain itu, bentuk kepalanya bisa terlihat seperti menyatu dengan bentuk tubuhnya karena bulunya dibiarkan tumbuh sangat panjang.

Baca juga: 9 Fakta Unik Kelinci, dari Suka Wortel hingga Bisa Sebesar Balita 

Tak hanya bulu yang lebat, kelinci Anggora juga memiliki fakta menarik lainnya yang perlu diketahui seperti dilansir dari beberapa sumber berikut ini.

Ada empat jenis kelinci Anggora

Ilustrasi kelinci. PIXABAY/MONIKASMIGIELSKA Ilustrasi kelinci.
Disadur dari Pop Sugar, Jumat (22/7/2022), ada empat jenis kelinci Anggora di dunia, yaitu English, French, Giant, dan Satin.

Namun, disitat dari Kiddle, empat jenis itu hanya diakui oleh American Rabbit Breeders Association, sementara asosias kelinci Anggora lainnya mengakui lebih dari empat jenis kelinci Anggora, di antaranya German Angora, Chinese Angora, Finnish Angora, Japanese Angora, St Lucian Angora, dan Swiss Angora.

Baca juga: 8 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Memelihara Kelinci 

Salah satu kelinci domestik tertua

Kelinci Anggora merupakan salah satu jenis kelinci domestik tertua dan disebut berasal dari Ankara di Turki, kemudian dibawa ke Perancis pada 1723

Hewan peliharaan populer pada abad ket-18

Saat dibawa ke Perancis pada 1773, kelinci Anggora menjadi hewan peliharaan populer dari keluarga kerajaan Perancis pada pertengahan abad ke-18. 

Baca juga: Waspadi 8 Penyakit yang Sering Menyerang Kelinci Peliharaan

Dibiakkan untuk bulunya

Makanan adalah salah satu aspek dalam cara merawat kelinci yang tentunya tak boleh dilewatkan. Beberapa makanan kelinci termasuk rumput hay, sayuran, dan pelet.PIXABAY/THOMAS_G Makanan adalah salah satu aspek dalam cara merawat kelinci yang tentunya tak boleh dilewatkan. Beberapa makanan kelinci termasuk rumput hay, sayuran, dan pelet.
Dulu, kelinci Anggora dikembangbiakkan untuk bulunya karena tidak menyebabkan alergi seperti kebanyakan hewan lainnya.

Bahkan, di Amerika Serikat, pakaian yang terbuat dari wol kelinci Anggora sudah populer sejak pertama kali kelinci tersebut tiba di Negeri Paman Sam pada awal abad ke-20. 

Baca juga: Ingin Memelihara Kelinci? Ketahui Dulu Sejarah, Usia, dan Perawatannya

Bulunya halus dan lembut

Karena dibiakkan terutama untuk wol, bulu kelinci Anggora memiliki diameter hanya 14-16 mikron. Artinya, bulu kelinci Anggora mirip dengan kasmir dalam hal kehalusan dan kelembutan ketika disentuh. 

Bulu kelinci Anggora harus dicukur setiap tiga hingga empat bulan sepanjang tahun. Setelah itu, perlu melakukan pemantauan setelah enam bulan pertumbuhan kembali karena bulu cenderung mati dan mudah kusut

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Pemahaman Keliru Saat Memelihara Kelinci.

Harus mengonsumsi banyak jerami

Kelinci Anggora harus memakan banyak jerami untuk membantunya mencerna bulu yang tidak sengaja tertelan ketika sedang merawat diri.

Jika tidak diberi banyak jerami, bulu kelinci dapat tersangkut pada saluran pencernaan. Berbeda dengan kucing, kelinci tidak bisa membuang gumpalan bulu dari dalam perut (hairball). 

Baca juga: Selain Wortel, Ini 3 Jenis Makanan yang Bisa Diberikan pada Kelinci

Bulunya harus dicukur

Ilustrasi kelinciUnsplash/Sandy Millar Ilustrasi kelinci
Kelinci Anggora tidak mengalami kerontokan bulu. Untuk perawatan, bulu kelinci Anggora harus dicukur secara rutin setiap 90-120 hari jika tidak ingin menjadi kusut dan menggumpal.

Jika tidak, bulu yang terlalu panjang berisiko tercabut ketika kelinci merawat diri sendiri. Karena tidak bisa memuntahkannya seperti kucing, ini bisa membuat kelinci Anggora berpotensi mengalami kondisi wool block.

Wool block terjadi karena sistem pencernaan kelinci Anggora tidak bisa mengeluarkan benda asing tersebut. Pada akhirnya, menyebabkan kematian. 

Baca juga: Sebelum Memelihara Kelinci, Perhatikan 9 Hal Penting Ini

Ada jenis kelinci terkecil

English Angora adalah jenis kelinci Anggora terkecil di antara jenis lainnya. Kelinci jenis ini merupakan pilihan kelinci yang paling populer untuk dipelihara karena wajahnya terlihat seperti boneka beruang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com