Kompas.com - 29/09/2021, 16:45 WIB
Ilustrasi kelinci. PIXABAY/REBEKKA DIlustrasi kelinci.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelinci seringkali dipandang sebagai hewan peliharaan yang cocok bagi pemula dan perawatannya mudah. Namun, anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Dikutip dari PetMD, Rabu (29/9/2021), kelinci adalah hewan peliharaan dalam ruangan yang membutuhkan perhatian sebanyak hewan peliharaan lainnya, termasuk makanan, pembersihan kandang secara teratur, pemantauan harian.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan waktu keluar kelinci dari kandang dan perawatan medis dari dokter hewan.

Baca juga: 5 Tips untuk Kamu Ingin Memelihara Kelinci di Dalam Rumah

Ilustrasi kelinci. PIXABAY/MITZI MANDEL Ilustrasi kelinci.

Kelinci juga hewan yang sangat sosial yang menginginkan kontak dan interaksi dengan pemiliknya.

Kelinci membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha daripada yang diperkirakan orang, namun ia akan menjadi sahabat yang baik bagi Anda dan keluarga.

Sebelum memutuskan untuk memelihara kelinci, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Menurut Rabbit Rescue and Rehab di New York City, AS yang merupakan dari House Rabbit Society, berikut barang-barang yang harus disiapkan sebelum memelihara kelinci.

1. Kandang

Mary Cotter, pendiri Rabbit Rescue and Rehab dan wakil presiden House Rabbit Society merekomendasikan penggunaan kandang. Sediakan kandang terbesar yang bisa Anda dapatkan untuk kelinci.

Baca juga: Ingin Memelihara Kelinci? Ketahui Dulu Sejarah, Usia, dan Perawatannya

House Rabbit Society merekomendasikan untuk membeli kandang yang panjangnya tidak lebih kecil dari 120 cm, lebar 60 cm, dan tinggi 120 cm. Ini memberikan ruang yang cukup untuk kotak pasir, mainan, mangkuk makanan dan air, dan kelinci untuk berdiri atau berbaring.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Pet MD
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.