Kompas.com - 06/09/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi kelinci Unsplash/Gavin AllanwoodIlustrasi kelinci

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat populer. Tak kalah dari anjing dan kucing, kelinci juga begitu lucu, menggemaskan, memiliki bulu yang lembut, dan dapat menghilangkan stres

Selain itu, kelinci juga dikenal lebih kalem serta minim perawatan. Kelinci tidak bersuara seperti anjing dan kucing yang terkadang suaranya bisa sangat mengganggu sehingga rumah tetap nyaman serta tenang. 

Nah, bagi Anda yang tertarik merawat dan memelihara kelinci, berikut beberapa fakta tentang kelinci yang perlu diketahui, dari sejarah, ras, usia hidup, hingga perawatannya dilansir dari The Spruce Pets, Senin (6/9/2021).

Baca juga: 5 Tips untuk Kamu Ingin Memelihara Kelinci di Dalam Rumah

Sejarah kelinci domestikasi

Kelinci peliharaan yang didomestikasi atau telah dijinakkan tidak sama dengan kelinci liar yang Anda lihat di halaman.

Oryctolagus cuniculus adalah nama latin untuk jenis kelinci peliharaan, sedangkan kelinci liar adalah Lepus sylvaticus.

Artinya, kelinci peliharaan dan kelinci liar secara teknis adalah spesies yang berbeda meski dari famili yang sama dan memiliki kekerabatan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 10 Penyebab Kucing Tidur Lebih Sering dari Biasanya

Selama bertahun-tahun, kelinci telah digunakan untuk diolah menjadi makanan seperti sate kelinci dan bulunya digunakan untuk berbagai kebutuhan. 

Namun, sejak abad ke-19, kelinci muali dirawat sebagai hewan peliharaan yang dicintai. Pada akhir abad ke-20, kelinci mulai menjadi hewan yang biasa ditemui di rumah-rumah di seluruh Amerika dan mereka semakin populer sejak saat itu.

Karena semakin banyak orang yang memelihara hewan lucu ini, membuat perawatan terhadap kelinci meningkat dan memperpanjang usia kelinci rumahan. 

Baca juga: 3 Cara agar Lebih Dekat dengan Kucing Peliharaan, Menurut Dokter Hewan

Ras kelinci dan usianya 

Ilustrasi ras kelinci mini lopsUnsplash/Sandy Millar Ilustrasi ras kelinci mini lops
Usia rata-rata kelinci peliharaan sekitar lima sampai 10 tahun. Namun, ada beberapa ras kelinci peliharaan yang diketahui hidup lebih lama daripada yang lain.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.