Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Baglog untuk Budidaya Jamur Tiram di Rumah

Kompas.com - 18/06/2022, 13:34 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBaglog adalah wadah tanam bibit jamur tiram berbentuk silinder. Sebagian besar isinya adalah serbuk kayu, meski juga memiliki material lain yang mampu memberi nutrisi pada jamur.

Dalam budidaya jamur tiram, baglog pun digunakan sebagai media tanam untuk meletakkan bibit. Nantinya, mereka akan menjadi media yang ditumbuhi buah jamur tiram.

Baca juga: 7 Tips Budidaya Jamur Tiram di Rumah agar Tumbuh Subur

Pendiri Jamur Halwa bernama Helmi Nurjamil menambahkan, baglog yang sudah tidak aktif bisa dimanfaatkan untuk hal lain alih-alih dibuang.

“Jamur kalau masa aktifnya sudah habis, baglog bisa digunakan sebagai pupuk organik dan pakan ternak. Jadi memang tidak ada yang terbuang (dalam budidaya jamur), serunya di situ,” tuturnya dalam acara Live YouTube Kompas.com bertajuk “Inspirasi +62, EP.1: Resign dari PNS Kok Malah Jadi Petani??”, Jumat (17/6/2022).

Jika ingin budidaya tiram di rumah, kamu bisa membeli atau membuat baglog sendiri. Pembuatan baglog pun cukup mudah, yakni sebagai berikut.

Cara membuat baglog

Seperti yang disebutkan sebelumnya, baglog mengandung beragam material selain serbuk kayu. Namun, Helmi mengatakan bahwa dirinya menambahkan dedak, dolomit, dan tepung jagung atau sumber nutrisi lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com