Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Baglog yang Digunakan dalam Budidaya Jamur Tiram

Kompas.com - 18/06/2022, 12:59 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap tanaman perlu media tanam dan wadah yang sesuai agar dapat tumbuh subur, selain memerlukan nutrisi, serta suhu dan kelembapan pada tingkat tertentu.

Dalam budidaya jamur tiram, Pendiri Jamur Halwa bernama Helmi Nurjamil mengatakan bahwa mereka membutuhkan wadah yang disebut sebagai baglog.

Baca juga: Tertarik Budi Daya Jamur Tiram? Ini Modal yang Harus Disiapkan

“Jamur ini enggak butuh ruang besar karena dia dibudidaya secara vertikal. Bisa ditumpuk berdempet enggak ada masalah, yang penting baglog jangan sampai kering,” jelasnya acara Live YouTube Kompas.com bertajuk “Inspirasi +62, EP.1: Resign dari PNS Kok Malah Jadi Petani??”, Jumat (17/6/2022).

Dalam baglog, jamur akan terbungkus seperti lontong. Untuk memungkinkan pertumbuhannya, bagian depan dan/atau belakangnya perlu dibuka.

Dalam perawatannya, baglog tidak boleh terkena cahaya matahari langsung agar jamur bisa tumbuh subur. Mereka pun tidak boleh terlalu kering.

Namun, apa itu baglog dan mengapa mereka sangat penting dalam budidaya jamur tiram? Simak penjelasannya, seperti dilansir akun Instagram @jamurhalwa, Sabtu (18/6/2022).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com