Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menghilangkan Noda Karat pada Wastafel Kamar Mandi

Kompas.com - 02/06/2022, 17:18 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wastafel kamar mandi menjadi salah satu peralatan atau benda di rumah yang kerap terkena noda karat.

Noda karat disebabkan adanya zat besi yang terlarut dalam air, kemudian besi teroksidasi dan terkumpul pada permukaan wastafel untuk menciptakan noda merah-oranye atau karat. 

Baca juga: 3 Bahan Alami untuk Hilangkan Noda Karat pada Peralatan Masak Tembaga

Menggunakan produk pembersih yang mengandung pemutih hanya akan memperburuk masalah ini. Sebab, pemutih bereaksi secara kimiawi dengan zat besi di dalam air sehingga hanya akan menciptakan lebih banyak karat pada wastafel.

Air sumur, persediaan air alami di pantai Pasifik, dan persediaan air kota memiliki kandungan zat besi yang tinggi, yang dapat menyebabkan noda karat pada bathtub atau bak mandi dan wastafel.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (2/6/2022), berikut cara menghilangkan noda karat pada wastafel kamar mandi

Baca juga: 5 Cara Membuat Produk Pembersih Noda Karat dengan Bahan-bahan Alami  

Bilas wastafel setelah digunakan

Ilustrasi wastafel kamar mandi. PIXABAY/CRISTINA MANTOVANI Ilustrasi wastafel kamar mandi.
Setelah selesai menggunakan wastafel, segera membersihkannya dengan handuk untuk menghilangkan sisa besi.  

Gunakan batu apung

Setelah itu, gosokkan batu apung pada wastafel kamar mandi. Tak perlu khawatir, beberapa batu apung akan larut dalam air untuk membentuk pasta saat menggosoknya. Kemudian, gosok noda karat dengan pasta tersebut untuk menghilangkannya. 

Baca juga: 4 Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Noda Karat pada Toilet dan Wastafel 

Gunakan cuka putih 

Buat larutan cuka putih atau perasan air lemon dan air dengan masing-masing datu bagian. Setelah itu, masukkan ke botol semprot, lalu semprotkan pada wastafel, dan gosok karat dengan sikat berbulu keras. 

Semprotkan asam oksalat

Apabila campuran cuka putih dan tidak berhasil, buat campuran satu bagian asam oksalat dan 10 bagian air hangat, lalu masukkan ke botol semprot.

Setelah itu, semprotkan larutan pada area wastafel yang terdapat noda karat dengan sikat berbulu keras dan diamkan selama satu hingga tiga menit.

Selanjutnya, gosok dengan sikat berbulu keras dan bilas wastafel untuk menghilangkan residu yang tersisa dari campuran asam oksalat. 

Baca juga: 6 Keuntungan Menggunakan Wastafel Batu di Rumah 

Singkirkan kaleng logam 

Keluarkan kaleng logam dari wastafel dan simpan di lemari atau laci untuk produk pembersih.

Kaleng logam, seperti kaleng krim cukur, semprotan penyegar udara, dan kaleng semprotan rambut, memiliki cincin logam atau noda karat pada bagian bawahnya. Noda ini bisa mengenai wastafel kamar mandi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com