Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bahan Alami untuk Hilangkan Noda Karat pada Peralatan Masak Tembaga

Kompas.com - 08/04/2022, 18:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Membershkan peralatan masak tentunya penting dilakukan lantaran dapat peralatan yang kotor dapat menimbulkan bakter dan jamur serta mempengaruhi kesehatan keluarga. 

Untuk peralatan masak berbahan tembaga, meski telah dibersihkan dengan baik, peralatan masih akan memiliki sedikit lapisan karat saat terkena oksigen, kelembapan, debu, sinar matahari, suhu panas, dan minyak dari tangan manusia.

Baca juga: Tips Memilih Spons Cuci Piring yang Tepat dan Sesuai Peralatan Masak

Lapisan karat yang didiamkan menempel pada peralatan masak dapat menimbulkan korosi seiring berjalannya waktu. Untuk itu, lapisan karat ini perlu segera dihilangkan.

Menghilangkan lapisan karat pada tembaga tak selalu menggunakan produk pembersih komersil. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. 

Disadur dari The Spruce Eats, Jumat (8/4/2022), berikut tiga bahan alami untuk membersihkan noda karat pada peralatan masak tembaga

Baca juga: 4 Penyebab Air Keran Berwarna Coklat dan Berbau Karat

Saus tomat

Ilustrasi saus tomat. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi saus tomat.
Metode pertama membersihkan lapisan karat pada peralatan masak tembaga adalah menggunakan saus tomat dan garam kosher.

Caranya, campurkan dua bagian saus tomat dan satu bagian garam kosher, lalu oleskan campuran pada permukaan tembaga yang terkena lapisan karat, dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas peralatan masak serta keringkan dengan kain lap.

Baca juga: Tak Kuno, Ini Manfaat Memasak dengan Peralatan Masak dari Tanah Liat

Lemon

Lemon dapat menghilangkan lapisan karat pada peralatan masak tembaga. Caranya, celupkan potongan lemon ke dalam garam kosher, lalu gosok area yang hendak dibersihkan.

Dalam beberapa menit, kamu akan melihat area tembaga kembali mengilap. Setelah itu, cuci peralatan masak tembaga dengan sabun cuci piring dan air serta keringkan dengan kain lap.

Baca juga: Tren Penggunaan Peralatan Masak Sehat Meningkat Tajam Selama Pandemi

Cuka putih

Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.
Untuk area yang benar-benar berkarat, cobalah mengombinasikan secangkir cuka putih, tiga cangkir air, dan satu sendok makan garam ke dalam panci besar yang tidak reaktif dengan api besar.

Selanjutnya, rendam peralatan masak tembaga yang terkena noda karat ke dalam panci dan dididihkan. Saat melihat ada sedikit noda yang terkelupas dari tembaga, matikan api dan biarkan panci mendingin.

Setelah itu, keluarkan peralatan masak tembaga untuk bersihkan dengan metode saus tomat dan garam kosher atau lemon dan garam kosher.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com