Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/05/2022, 22:40 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber HGTV

JAKARTA, KOMPAS.com – Minimalisme identik dengan warna putih lantaran menyampaikan citra minimalis, yakni kebersihan dan kesederhanaan.

Selain itu, putih juga cocok bagi rumah minimalis yang menyukai suasana terang lantaran dapat membuat ruangan terasa lebih cerah sekaligus lebih besar dari ukuran sebenarnya.

Baca juga: 7 Tips Membuat Kamar Tidur Berkonsep Minimalis yang Nyaman 

Meski demikian, rumah bergaya minimalis tidak selalu menggunakan putih. Dikutip dari HGTV, Senin (30/5/2022), rumah minimalis bisa menggunakan warna hitam jika merasa putih terlalu terang.

Bahkan, putih dan hitam bisa dikombinasikan untuk menciptakan nuansa monokrom sehingga rumah minimalis terlihat lebih modern. Nah, berikut cara mendekorasi ruangan bergaya minimalis dengan nuansa hitam. 

Dapur

Ilustrasi dapur minimalis berwarna hitam.SHUTTERSTOCK / pozitivo Ilustrasi dapur minimalis berwarna hitam.

Kabinet dan meja dapur berwarna putih dapat membuat dapur terlihat bersih, modern, dan minimalis. Namun, warna ini cukup sering digunakan sehingga dapat membuat ruangan terasa membosankan.

Kamu bisa mengubah tampilannya menggunakan warna hitam untuk membuat dapur terlihat lebih mewah. 

Baca juga: 4 Alasan Warna Putih Banyak Digunakan pada Gaya Desain Minimalis

Selanjutnya, lengkapi dapur minimalis dengan aksesori berwarna emas supaya terlihat lebih cerah, mengundang, baru, dan membuat dapur seperti memiliki kepribadian.

Untuk menjaga minimalisme di dapur, gunakan palet warna sederhana pada mixer, kain lap, karpet, tempat bumbu dapur, dan sebagainya. 

Apabila ingin melakukan perubahan secara menyeluruh, tambahkan ubin marmer pada area backsplash untuk memberi dampak besar.

Baca juga: 8 Ide Desain Kamar Tidur Anak Minimalis, Bersih dan Nyaman

Ruang keluarga

Ilustrasi ruang tamu minimalis berwarna hitam.SHUTTERSTOCK / Liliia Lytvyn Ilustrasi ruang tamu minimalis berwarna hitam.

Mengusung gaya hidup minimalis berarti menyediakan ruang untuk kehidupan daripada membuat setiap sudut ruang serta setiap permukaan penuh dengan barang.

Ingatlah bahwa kamu bisa menggunakan warna lain bersamaan dengan hitam, tetapi menggabungkan warna berani akan mengganggu tampilan ruangan. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Cat Dinding untuk Hunian Minimalis 

Misalnya, menggunakan warna coklat tan atau camel di ruang keluarga secara otomatis dapat membuat ruangan terasa lebih nyaman.

Apabila hanya menginginkan sedikit warna hitam, pertimbangkan menambahkan meja kecil hitam, bingkai foto hitam, karpet hitam dalam motifnya, atau lampu dengan kap atau tiang berwarna hitam. 

Jika ingin benda dekoratif berukuran besar dan berwarna hitam, pilih sofa dan pastikan sofa memberi Anda kenyamanan, terlepas dari modelnya.

Baca juga: 12 Tanaman Hias yang Cocok untuk Rumah Minimalis

Ruang kerja

Hal pertama yang muncul dalam pikiran ketika berbicara tentang ruang kerja adalah meja. Pilih meja hitam yang ramping dan terstruktur dengan baik.

Bisa pula menggabungkan kayu gelap dan emas untuk membuat meja kerja terlihat lebih modern, tetapi tetap minimalis. Sebab, minimalisme juga sering menghadirkan elemen-elemen alami.

Selain meja kayu, hadirkan elemen alami dengan membawa tanaman hidup ke dalam ruangan. Jika hanya ingin menghadirkan sedikit warna hitam, gunakan peralatan kantor berwarna hitam atau mengecat satu dinding berwarna hitam sebagai dinding aksen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com