Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Menerapkan Gaya Warm Minimalis di Rumah

Kompas.com - 24/01/2022, 18:24 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Dekorasi minimalis menjadi pilihan paling cocok untuk rumah perkotaan yang memiliki lahan terbatas.

Pasalnya, dekorasi ini dapat menampilkan nuansa lebih simpel dan lapang. Namun, bagi banyak orang, kurangnya elemen tertentu bisa membuat desain minimalis terasa dingin, membosankan, asing, serta tidak ramah. 

Baca juga: 5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan saat Mendesain Rumah Gaya Minimalis

Melansir dari Decor Tips, Senin (24/1/2022), ketika orang berpikir seperti itu, dekorasi warm minimalis muncul dari tangan para ahli dekorasi dan desain. Namun, apa yang dimaksud dengan gaya warm minimalis?

Warm minimalis merupakan dekorasi minimalis yang menampilkan kehangatan dengan penggunaan unsur kayu dan bahan lainnya yang memberikan kesan hangat pada ruangan.

Berikut beberapa panduan yang lebih jelas untuk menerapkan gaya warm minimalis di dalam rumah. 

Baca juga: 3 Tips Mendekorasi Rumah dengan Gaya Minimalis Jepang 

Mencampur gaya

Dasar dari minimalis adalah semakin sedikit, semakin baik. Dari sini, Anda dapat memadukan gaya yang mengikuti filosofi dari Nordik, Mediterania, dan Jepang.

Terlepas dari yang Anda pilih, ingatlah bahwa yang penting adalah kembali ke asalnya. Hindari yang berlebihan dan tinggalkan elemen dekoratif atau furnitur yang tidak perlu.

Dalam urutan ide ini, warna-warna seperti nude atau nuansa kopi yang lebih terang sangat ideal dan cocok bila dipadukan dengan warna putih tradisional. 

Baca juga: 5 Tips Ciptakan Teras Rumah Minimalis Bernuansa Zen 

Kayu merupakan bahan terbaik

Ilustrasi rumah minimalis dengan udara yang sejukpexels.com/Leah Kelley Ilustrasi rumah minimalis dengan udara yang sejuk
Kayu memainkan peran relevan dalam gaya warm minimalis. Untuk menampilkan yang terbaik, cari opsi daur ulang yang mempertahankan penampilan paling alami dalam hal nada dan tekstur.

Misalnya, penggunaan furnitur, aksesori, atau pelapis kayu berwarna terang membuat pencahayaan ruangan menjadi lebih efisien. Rumah juga akan terlihat lebih hangat dan lebih ramah secara visual. 

Setelahnya, Anda dapat melengkapi elemen kayu dengan aksesori tekstil alami seperti selimut wol tenunan, karpet katun, serta lampu anyaman, rotan, atau goni. Penggunaan warna seperti oker, pasir, atau coklat dalam elemen jenis ini sangat penting. 

Baca juga: 6 Ide Menciptakan Gaya Minimalis di Rumah 

Pilih dinding fokus

Untuk menambahkan sentuhan kehangatan ekstra pada dekorasi, Anda dapat memilih dinding lampu sorot. Ini tentang mendekorasi satu dinding agar menonjol tanpa menutupi dekorasi umum dan tanpa membebani ruang.

Kontraskan dinding dengan furnitur kayu alami yang menonjol dan bermain dengan pelapis latar yang terbuat dari kayu atau microcement. Anda juga dapat menggantung beberapa lukisan minimalis atau cermin besar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com