Kompas.com - 24/01/2022, 15:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comMembersihkan debu di rumah ternyata tidak selalu menguras banyak tenaga dan biaya. Pasalnya, hal-hal sederhana yang dilakukan setiap hari bisa membuat rumah bebas debu seperti rutin mengepel lantai.  

Selain itu, menerapkan aturan bagi semua penghuni rumah seperti larangan menggunakan alas kaki di dalam rumah juga bisa meminimalkan jumlah debu.

Melansir dari Family Handyman, Senin (24/1/2022), berikut sederet hal sederhana yang dapat mengusir debu dari rumah tanpa mengeluarkan banyak tenaga.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Menata Halaman Depan Rumah 

Tutup jendela 

Ilustrasi jendela rumah. PIXABAY/STOCKSNAP Ilustrasi jendela rumah.

Menikmati udara segar saat sedang bersantai di dalam rumah menjadi hal menyenangkan. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa debu dan kotoran dari luar juga bisa masuk ke rumah. 

Dengan, menutup jendela bisa menjaga rumah  bebas debu. Bila tidak ingin menutup jendela agar udara alami tetap masuk ke rumah, cukup menutup tirai

Selain itu, masukkan beberapa tanaman juga dapat memurnikan udara di dalam ruangan seperti Areca palm, peace lily, dan lidah mertua

Alternatif lain, beli air purifier dengan filter HEPA agar debu bisa tertangkap sebelum menumpuk di setiap permukaan di dalam rumah.

Baca juga: 5 Tanaman Dalam Ruangan yang Bisa Memurnikan Udara

Rajin mencuci bantal

Bantal-bantal bisa menumpuk tungau debu yang gemar memakan sel kulit mati. Ukurannya yang kecil membuatnya hampir tak terlihat.

Kendati demikian, ratusan tungau debu dapat tinggal dalam satu gram debu. Salah satu cara mengusirnya adalah rajin mencuci bantal setidaknya tiga kali dalam setahun dengan air panas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.