Kompas.com - 24/01/2022, 10:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki rumah yang sejuk dapat meringankan biaya pengeluaran untuk listrik, dan membantu mengurangi pemanasan global.

Sebab, kamu akan mengurangi penggunaan AC yang berlebihan. Khususnya saat musim panas telah tiba. Melansir Decortips, Senin (24/1/2022), ada tiga trik mudah untuk membuat rumah lebih sejuk.

Baca juga: 4 Cara Membuat Suasana Rumah Lebih Bahagia

Adapun tiga cara ini terbilang hemat biaya sehingga kamu tidak perlu merogoh kocek yang banyak untuk melakukannya. Apa saja?

Halangi pancaran sinar matahari

Ilustrasi ruang tamu - Ruang tamu panjang.SHUTTERSTOCK / TZIDO SUN Ilustrasi ruang tamu - Ruang tamu panjang.

Cara paling mudah untuk membuat rumah lebih sejuk adalah dengan menghalangi pancaran sinar matahari, yakni dengan menutup jendela pada jam-jam saat panas sedang menyengat.

Menjadikan rumahmu lebih gelap pada siang hari adalah cara terbaik untuk mencegah kenaikan suhu. Dengan demikian, kamu tidak akan kegerahan.

Meski jendela ditutup, kamu tetap harus membiarkan udara segar masuk ke lingkunganmu, seperti dengan cara ventilasi silang.

Jenis ventilasi ini terjadi saat lebih dari satu jendela dibuka sehingga ada aliran udara. Buka jendelamu pada pagi hari untuk memperbarui udara, dan lakukan lagi saat matahari terbenam.

Baca juga: Ingin Memasang Lantai Vinyl? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Pilih jenis kain tirai yang tepat

Baik itu tirai atau penutup jendela (window blind), kamu harus memilih jenis kain yang tepat agar rumahmu lebih terjaga dari sinar matahari, dan udara dingin saat musim hujan atau musim dingin.

Jenis kain yang paling direkomendasikan adalah yang tebal dan buram. Seperti model vitrase, misalnya, untuk jenis kain yang buram.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber decor tips
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.