Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Sering Seprai Harus Diganti? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 24/01/2022, 09:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Seprai dapat dengan cepat mengumpulkan kotoran dan kulit mati setelah tidur setiap malam, mengundang bakteri untuk hidup di antara tempat tidur yang nyaman.

Dengan rata-rata orang menghabiskan hampir sepertiga dari hidupnya untuk tidur, mencuci secara teratur sangat penting untuk kebersihan seprai.

Meskipun tidak semua kotoran terlihat, jumlah mikroba dapat bertahan selama berminggu-minggu pada seprai. Jadi, seberapa sering Anda harus mengganti seprai?

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Mencuci Seprai Berdasarkan Bahannya

Ilustrasi kamar tidur, ilustrasi seprai.SHUTTERSTOCK / Photographee.eu Ilustrasi kamar tidur, ilustrasi seprai.

Dikutip dari Express, Senin (24/1/2022), mengganti seprai bisa terasa seperti tugas yang memakan waktu setelah hari yang panjang, tetapi tidak mengganti seprai bisa membuat tempat tidur menjadi tidak higienis.

Meskipun Anda mungkin berpikir selama ini sudah mengganti seprai secara teratur, para ahli di Sleep Foundation mengklaim bahwa kebanyakan orang gagal melakukannya cukup sering.

Meskipun jadwal sibuk dapat memperumit rutinitas cucian Anda, Sleep Foundation mengatakan bahwa kurang dari sekali seminggu bukan masalah.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Hammonds Furniture mengungkapkan bahwa 30 persen orang di Inggris saja mengaku mencuci seprai tempat tidur mereka hanya setahun sekali. Angka ini jauh dari pencucian secara mingguan yang direkomendasikan.

Baca juga: Teknik Mencuci Seprai Bermotif Bunga agar Warnanya Tidak Pudar

Meskipun seminggu sekali mungkin tampak berlebihan untuk rumah tangga yang sibuk, para ahli mengatakan bahwa ini adalah salah satu tugas mencuci yang tidak boleh Anda lewatkan.

Rob Davey, pakar tidur di Snoozel Green mengatakan, pastikan untuk mengatur jadwal menyedot debu dan mencuci seprai secara teratur untuk menghindari akumulasi kotoran dan debu di tempat tidur. Davey menyarankan untuk mencuci seprai seminggu sekali pada suhu 60 derajat untuk memastikan pembersihan menyeluruh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com