Kompas.com - 24/01/2022, 09:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan kamar mandi kerap kali merupakan kegiatan yang melelahkan dan menjemukan. Padahal, sebenarnya membersihkan kamar mandi bisa cukup mudah.

Membersihkan kamar mandi perlu dilakukan secara teratur. Sebab, jamur dan lumut bisa mengotori shower, lantai kamar mandi, dinding kamar mandi, dan sudut-sudut ruangan.

Selain itu, area kamar mandi yang juga perlu diperhatikan kebersihannya adalah exhaust fan kamar mandi jika Anda memilikinya. Jika tidak rutin dibersihkan, debu bisa menutupi exhaust fan kamar mandi, membuatnya tidak bekerja secara optimal.

Baca juga: Ingin Menempatkan Exhaust Fan Kamar Mandi? Perhatikan 3 Hal Ini

Ilustrasi exhaust fan di kamar mandi. SHUTTERSTOCK/TH_GIM Ilustrasi exhaust fan di kamar mandi.

Mengapa perlu membersihkan exhaust fan kamar mandi?

Dikutip dari Lifehacker, Senin (24/1/2022), karena tugasnya menggerakkan udara, sepertinya exhaust fan bisa bersih dengan sendirinya, tapi sayangnya tidak.

Selain mengeluarkan udara yang berbau tidak sedap, exhaust fan juga menghilangkan uap dari pancuran dan bak mandi air panas serta kelembapan berlebih lainnya dari ruangan, mencegah atau setidaknya mengurangi pertumbuhan jamur dan lumut.

Namun, seperti bagian lain di rumah, exhaust fan kamar mandi cenderung menjadi berdebu dan kotor seiring waktu, yang dapat menghalangi jeruji di penutupnya, dan mencegah kipas melakukan tugasnya yang penting.

Membersihkan exhaust fan kamar mandi membutuhkan sedikit usaha, tetapi Anda biasanya hanya perlu melakukannya sekali atau dua kali setahun, tergantung pada tingkat debu di rumah Anda.

Baca juga: Bikin Takjub, ini Ragam Manfaat Menggunakan Exhaust Fan

Cara membersihkan exhaust fan kamar mandi

Seluruh proses pembersihan exhaust fan kamar mandi setidaknya memakan waktu tidak lebih dari 20 menit. Berikut cara membersihkan exhaust fan kamar mandi.

Sebelum melakukan hal lain, matikan aliran listrik ke exhaust fan di kotak sirkuit. Kemudian, nyalakan kipas saat Anda kembali ke kamar mandi untuk memastikan kipas tidak menyala.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Lifehacker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.