Kompas.com - 17/01/2022, 18:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai area paling lembap di dalam rumah, kamar mandi memerlukan bantuan kipas pembuangan kamar mandi atau exhaust fan untuk melepaskan kelembapan tersebut.

Menempatkan exhaust fan dengan tepat dapat membuat kinerjanya semakin maksimal. Memilih lokasi exhaust fan melibatkan dua masalah praktis, yakni exhaust fan akan mudah menyelesaikan misinya dan pekerjaan saluran dapat berjalan efisien.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memasang Exhaust Fan Kamar Mandi 

Dilansir dari The Spruce, Senin (17/1/2022), berikut hal yang perlu diketahui saat menempatkan exhaust fan di kamar mandi.

Ikuti kelembapan

Ilustrasi exhaust fan. PIXABAY/SIGGY NOWAK Ilustrasi exhaust fan.
Pertama, exhaust fan harus ditempatkan di area kamar mandi yang paling banyak terkena kelembapan seperti di atas bathtub dan shower

Tujuannya, menghilangkan udara basah dan lembap yang dapat menyebabkan kerusakan jamur atau kelembapan.  

Baca juga: Tanda Exhaust Fan Kamar Mandi Harus Diganti

Rencanakan rute saluran ventilasi 

Selanjutnya, rencanakan lokasi exhaust fan kamar mandi sehingga saluran memiliki rute terpendek dan langsung ke ventilasi atap atau dinding.

Saluran yang berjalan lebih lama membuat exhaust fan kurang efektif dan meningkatkan kemungkinan pengembunan di dalam saluran.

Anda dapat mengakhiri saluran melalui atap atau dinding pelana, bahkan turun melalui soffit  (bagian atap yang menjorok ke atap) jika menggunakan tutup ventilasi khusus. 

Namun, hindari ventilasi melalui dinding samping di bawah soffit karena dapat menjebak udara yang naik dan lembap di bawah bagian atap yang menggantung. 

Baca juga: Cara Membersihkan Exhaust Fan Kamar Mandi yang Berdebu 

Periksa loteng

Ilustrasi exhaust fan di kamar mandi. SHUTTERSTOCK/TH_GIM Ilustrasi exhaust fan di kamar mandi.
Pergilah ke loteng dengan pita pengukur untuk melihat lokasi exhaust fan dari atas plafon. Pastikan memasang exhaust fan di antara dua balok plafon dan memiliki cukup ruang untuk melakukan transisi dari exhaust fan ke saluran.

Pastikan juga menutup ventilasi dari penghalang dan area bermasalah pada atap seperti skylight atau ventilasi tungku atau pemanas air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Spruce
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.