Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Perlu Memasang Exhaust Fan di Kamar Mandi? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 16/08/2021, 09:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Exhaust fan berfungsi mengeluarkan udara di dalam ruangan ke luar melalui tabung atau saluran.

Memasang exhaust fan di kamar mandi sangat berguna. Sebab, exhaust fan akan mengeluarkan kelembaban dan bau dari kamar mandi, sehingga kualitas udara akan meningkat.

Dilansir dari The Spruce, Senin (16/8/2021), banyak orang membayangkan bahwa exhaust fan memiliki fungsi utama untuk menghilangkan bau dari kamar mandi.

Baca juga: Ini Alasan Penting Menggunakan Exhaust Fan di Kamar Mandi

Akan tetapi, fungsi yang lebih penting sebenarnya adalah untuk mengeluarkan udara hangat dan lembab, seperti yang dihasilkan dari penggunaan bak mandi atau shower.

Ilustrasi exhaust fan.SHUTTERSTOCK/DUO STUDIO Ilustrasi exhaust fan.

Udara hangat dan lembab tidak hanya mendorong pertumbuhan jamur, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan pada perlengkapan dan permukaan di kamar mandi.

Jika kamar mandi Anda tidak memiliki exhaust fan dan baunya apek, Anda disarankan untuk memasangnya memeriksanya. Penting pula untuk memastikan pertumbuhan jamur yang serius belum dimulai.

Tanpa exhaust fan, kamar mandi rentan terhadap penumpukan kelembaban berlebihan yang meningkatkan kemungkinan merusak dinding, lantai, dan langit-langit, serta perlengkapan kamar mandi.

Baca juga: Perlukah Memasang Exhaust Fan di Kamar Mandi dan Apa Saja Manfaatnya?

Udara hangat dan lembab, yang disebabkan oleh air panas, adalah lingkungan yang sempurna untuk jamur, lumut, dan pertumbuhan mikroorganisme.

Kelembaban yang tinggi pada ruangan juga dapat merusak material interior ruangan seperti dinding keramik, cat tembok, dan trim, hingga pintu kamar mandi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com