Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, 7 Hal yang Terjadi jika Kamar Mandi Tidak Pernah Dibersihkan

Kompas.com - 14/08/2021, 11:49 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Bustle

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan kamar mandi adalah kegiatan yang perlu dilakukan secara rutin untuk meminimalisir kuman dan bakteri, serta penyakit maupun virus yang berasal dari lingkungan kotor.

Sayangnya, tidak sedikit penghuni rumah merasa begitu sulit dan berat untuk mau membersihkan kamar mandi, sehingga mereka jarang dan malah tidak pernah membersihkannya.

Tentunya akan ada banyak hal buruk jika kamar mandi tidak pernah dibersihkan, yang utamanya akan terjadi penumpukan kuman dan bakteri.

Baca juga: Ide Dekorasi Kamar Mandi Tamu dengan Anggaran Terbatas

Dilansir dari Bustle, Sabtu (14/8/2021), berikut ini 7 hal yang bisa terjadi ketika kamar mandi tidak pernah dibersihkan.

1. Penumpukan jamur dan lumut

Jika tidak membersihkan kamar mandi setiap minggu, kamu pasti dapat menemukan jamur dan lumut menempel hingga di bak mandimu.

"Spora jamur bersifat mikroskopis, jadi jika kamu benar-benar dapat melihat warna hitam di permukaan kamar mandi, kamu benar-benar memiliki jutaan atau miliaran spora,” kata pakar kuman, Kelly Reynolds. 

2. Kuman melapisi dinding kamar mandi

Kuman dapat melapisi dinding (bak mandi) dan pada akhirnya tanganmu menyentuhnya lalu terpapar ke bagian tubuh lainnya.

Baca juga: 5 Pilihan Keramik Lantai Kamar Mandi yang Antilicin

Pastikan menggosok dinding kamar mandi dengan cuka atau pembersih kamar mandi setiap kali kamu membersihkan kamar mandi.

3. Membuat luka terinfeksi

Ketika kamu mengira bak mandimu aman, itu sebenarnya salah satu tempat paling kotor di rumah jika tidak pernah dibersihkan.

Menurut Today, bak mandi terinfeksi lebih dari 1.000 bakteri per inci persegi. Jadi, selalu pastikan kamu membersihkan luka dan mengenakan perban saat mandi.

Kamu tentu tidak ingin apa pun dari permukaan kamar mandi yang tidak pernah dibersihkan masuk ke dalam lukamu dan membuatnya terinfeksi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com