Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tanaman yang Ampuh Menghilangkan Bau di Kamar Mandi

Kompas.com - 08/08/2021, 17:00 WIB
Lolita Valda Claudia,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Kamar mandi menjadi area vital di rumah yang wajib dijaga kebersihannya. Karena sering digunakan untuk membersihkan tubuh, kamar mandi mudah kotor dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Untuk menjaga agar kamar mandi tetap bersih dengan aroma yang segar, sebaiknya tambahkan pewangi ruangan pada kamar mandi.

Baca juga: 3 Jenis Shower Terbaik dan Berteknologi Tinggi untuk Kamar Mandi

Untuk menyegarkan tampilan kamar mandi, kamu bisa memasukkan tanaman hias yang memiliki fungsi sebagai penyerap kelembapan dan penghilang bau.

Selain natural dan tidak mengandung kimia berbahaya yang bisa terhirup, beberapa tanaman hias ini juga memiliki penampilan yang indah dan bunga yang cantik sehingga dapat mempercantik kamar mandi.

Melansir dari kanal YouTube Tanaman Hias, Minggu (8/8/2021), berikut ini tanaman yang dapat menghilangkan bau di kamar mandi.

Baca juga: Aturan dan Cara Tepat Memasang Wallpaper Kamar Mandi agar Tahan Air

Eucalyptus

Daun tanaman eucalyptus sering kali digunakan sebagai campuran obat nyamuk, lotion, dan minyak telon.

Bau khas yang dikeluarkan eucalyptus tidak disukai serangga, terutama nyamuk. Namun,  aroma tanaman ini enak dihirup untuk orang dan dapat melegakan pernapasan sehingga cocok ditempatkan di kamar mandi.

Jika ingin menanam eucalyptus pada pot dalam kamar mandi, pastikan kamar mandi memiliki ventilasi udara dan mendapat sinar matahari langsung.

Baca juga: Kesalahan Meletakkan Cermin yang Membuat Kamar Mandi Tampak Kecil

Anggrek

Tanaman ini sudah sangat tidak asing kita temukan sebagai tanaman dekorasi kamar mandi baik di hotel maupun di pusat perbelanjaan, ini karena bau anggrek bisa menyamarkan bau toilet.

Anggrek sangat cocok diletakkan dikamar mandi karena tanaman anggrek menyukai udara yang lembab dan bentuk yang cantik bisa menjadi dekorasi tambahan untuk kamar mandi.

Baca juga: Cara Membuat Wallpaper Waterproof untuk Kamar Mandi

Mint

ilustrasi daun mintUnsplash.com/Eleanor Chen ilustrasi daun mint

Banyak sekali produk pembersih yang menggunakan tanaman mint sebagai komposinya seperti sampo, sabun, dan pasta gigi, tidak ada salahnya untuk menanam tanaman ini di kamar mandi.

Tanaman mint memiliki aroma menyegarkan yang erat dengan kesan bersih dan segar sehingga cocok digunakan sebagai pengharum di kamar mandi.

Tanaman mint juga dapat membantu menyerap kelembapan di kamar mandi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerak pada Lantai dan Nat Kamar Mandi

Geranium

Tanaman yang dapat menghilangkan bau di kamar mandi selajutnya adalah geranium. Geranium memiliki berbagai jenis daun dan bunga yang mengeluarkan aroma harum.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com