Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkaian Cara Menghilangkan Jamur dari Plafon Kamar Mandi

Kompas.com - 25/07/2021, 16:15 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tidak enak dilihat, jamur yang ada pada plafon kamar mandi juga bisa mendatangkan risiko kesehatan yang serius. Itulah mengapa jamur pada plafon kamar mandi harus segera disingkirkan. 

Dilansir dari beberapa sumber, Minggu (25/7/2021), berikut ini rangkaian cara aman  menghilangkan jamur dari plafon kamar mandi. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Karat dan Korosi pada Keran Air Kamar Mandi

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk keamanan

  • Kacamata
  • Sarung tangan
  • Masker berbahan katun

Cara menghilangkan jamur dari plafon kamar mandi

1. Sebelum memulai pengerjaan, jangan lupa menutup ventilasi agar jamur tidak menyebar ke area lain selama proses pembersihan.

2. Setelah itu, siapkan larutan pembersih yang terdiri atas campuran detergen ringan dan air hangat dalam sebuah wadah. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah Jamur pada Lemari Partikel

3. Masukkan kain lap bersih ke wadah yang berisi larutan pembersih, lalu seka atau lap ke area plafon yang terkena jamur. Biarkan area jamur yang sudah dibersihkan mengering.

4. Campurkan seperempat cangkir pemutih dengan satu liter air, lalu oleskan ke plafon yang berjamur. Tunggu selama 20 menit dan lakukan hal yang sama untuk kedua kalinya. Biarkan selama 20 menit lagi hingga mengering.

5. Setelah selesai membersihkannya, perlengkapan apa pun yang bersentuhan dengan jamur harus segera dibuang. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur dari Tanah Tanaman

Setelah membersihkan jamur

Penting untuk menyadari bahwa plafon kamar mandi akan terlihat bersih setelah dibersihkan, tapi bukan berarti jamur yang tertinggal tidak akan bertahan.

Setelah membersihkannya, kamu perlu merawat plafon dan mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki masalah di kamar mandi yang berkontribusi pada pertumbuhan jamur. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah Pertumbuhan Jamur di Kamar Mandi

Rawat plafon

Setelah dibersihkan, kamu juga perlu merawat plafon untuk membunuh jamur yang tersisa dan mengurangi kemungkinan munculnya masalah jamur lagi.

Campurkan larutan detergen berbasis asam borat atau boraks dan oleskan ke plafon. Asam borat memiliki sifat penghilang noda dan mengendalikan bakteri dan jamur.

Setelah boraks selesai dioleskan, jangan dibilas serta biarkan larutan untuk menghentikan pertumbuhan jamur pada masa mendatang.

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Jamur pada Nat Keramik Kamar Mandi

Pastikan udara keluar dari ruang kamar mandi

Setelah larutan detergen mengering, kamu dapat meluangkan sedikit waktu untuk menetralisir udara di dalam ruangan kamar mandi sehingga asap atau spora yang tertinggal menghilang.

Tergantung pada tingkat penyebaran jamur, ruangan kamar mandi mungkin perlu dibiarkan kosong setidaknya selama beberapa hari.

Untuk mempercepat proses, kamu dapat berinvestasi dengan menggunakan dehumidifier,  membuka jendela, atau menggunakan kipas apa pun yang kamu miliki. 

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Jamur dari Dinding

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com