Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2021, 18:30 WIB
Lolita Valda Claudia,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Lemari partikel terbuat dari papan material kayu yang tersusun dari serbuk gergaji, kemudian dipadatkan secara kimia menggunakan tekanan dan suhu tinggi.

Jenis material ini banyak digunakan, terutama sebagai lemari pakaian, karena bahan yang ringan dan harganya lebih murah.

Selain itu, lemari partikel biasanya bisa dibongkar pasang sehingga memudahkan saat memindahkannya, terlebih bila memiliki kusen pintu yang pendek dan sempit.

Baca juga: Cara Membersihkan Aneka Noda pada Lemari Dapur

Karena bahan utamanya berasal dari serbuk kayu, material ini sangat rentan terhadap jamur. Apalagi, jika lemari partikel diletakkan di ruangan dengan sirkulasi udara yang kurang baik atau lembap, bisa menjadi sarang jamur. 

Tentunya, jamur pada lemari akan berdampak buruk pada pakaian dan menjadi penyebab pakaian bau apek hingga menimbulkan bercak hitam.

Untuk menghindarinya,  melansir dari berbagai sumber, Jumat (16/7/2021), berikut lima cara mencegah jamur pada lemari pakaian

Baca juga: Cara Merapikan Lemari Pakaian Hanya dengan 10 Langkah Mudah

Pastikan pakaian bersih dan kering

Sebelum menyimpan pakaian ke dalam lemari, pastikan pakaian dalam keadaan bersih juga kering untuk menghindari bau apek.

Pakaian yang kotor dapat memicu tumbuhnya jamur. Hindari menyimpan baju yang sudah terpakai di lemari tertutup karena jamur sangat menyukai kotoran yang menempel di serat kain.

Baca juga: 7 Ide Penyimpanan di Lemari Pakaian agar Tetap Rapi

Lepaskan plastik laundry sebelum menyimpan pakaian

Ilustrasi lemari pakaian. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi lemari pakaian.

Jika mencuci pakaian dengan jasa laundry, terutama dry clean, kamu pasti akan mendapatkan baju bersih yang terbungkus plastik.

Sebelum menyimpan ke lemari, sebaiknya lepas plastik pembungkus baju dan ganti dengan pembungkus yang memiliki rongga udara.

Sebab, plastik tanpa rongga menyebabkan kelembapan pada lemari akan terperangkap pada plastik yang membungkus baju dan menimbulkan jamur serta bau tidak sedap.

Baca juga: 6 Tips Membuat Lemari Modular di Dapur

Hindari ruangan lembap

Jamur sangat menyukai tempat gelap dan lembap. Apabila memiliki lemari partikel di rumah, tempatkan lemari pada ruangan dengan sirkulasi udara yang baik serta tidak lembap agar partikel tetap kering.

Sebaiknya, jangan tempatkan lemari menempel pada dinding yang lembap karena dapat memicu tumbuhnya jamur di bagian belakang lemari partikel.

Baca juga: Daftar Bahan Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimasukkan ke Lemari Es

Gunakan silica gel

Silica gel memiliki banyak manfaat untuk keperluan rumah tangga. Kamu bisa menggunakannya pada kotak penyimpanan kamera untuk menghindari jamur pada lensa atau menempatkan di ruang dengan kelembapan tinggi seperti rak buku dan lemari pakaian.

Cara ini juga bisa digunakan untuk menyerap kelembapan pada lemari partikel dengan menempatkannya di sudut lemari.

Baca juga: 5 Inspirasi Lemari Sudut Ruang Tamu Aesthetic

Gunakan pemutih pakaian atau cuka putih

Kandungan antikamur pada cuka dan pemutih pakaian dapat menyingkirkan jamur yang tumbuh di lemari partikel. Campurkan setengah cup pemutih atau cuka dengan 3.7 liter air untuk membersihkan lemari partikel yang berjamur.

Sebelum diaplikasikan ke permukaan lemari, pastikan melakukan uji coba pada sebagian kecil area lemari untuk mengetahui apakah cuka atau pemutih pakaian menyebabkan perubahan warna atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com