Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2021, 15:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari adalah titik fokus dari hampir setiap dapur. Tak heran, ketika lemari kotor, orang akan memperhatikannya.

Sidik jari sehari-hari, remahan makanan yang terjatuh, dan bekas air menjadi penyebab utama lemari dapur kotor. Bila tidak segera dibersihkan, noda-noda ini bakal menumpuk seiring waktu. 

Baca juga: Langkah Mudah Mengecat Lemari Dapur, Bisa Dilakukan Sendiri

Untungnya, seperti dilansir dari Better Homes & Gardens, Kamis (1/7/2021), ada beberapa trik mudah membersihkan noda yang menempel di lemari dapur. 

Untuk menghemat waktu dan energi, ada dua metode pembersihan yang direkomendasikan, yakni pembersihan mingguan dan tahunan, seperti berikut ini; 

Baca juga: Mana yang Layak Dipilih, Rak Dapur Terbuka atau Lemari Dapur Tertutup?

  • Mingguan 

Cara cara terbaik membersihkan lemari dapur adalah melakukannya secara mingguan. Cukup semprotkan pembersih serbaguna pada kain mikrofiber dan bersihkan sidik jari, percikan, serta noda lainnya. Jangan lupa mendisinfeksi perangkat keras juga. 

  • Tahunan 

Bersihkan lemari dapur setiap tiga atau empat kali setahun. Untuk melakukannya, kosongkan lemari dari semua isinya.

Setelah itu, oleskan kain mikrofiber dengan pembersih ringan dan bersihkan rak, bagian dalam pintu, serta bagian luar pintu. Gunakan sikat gigi bersih untuk merawat sudut dan celah kecil lainnya. 

Baca juga: Simak, 7 Cara Mudah Merapikan Lemari Dapur

Cara membersihkan noda di lemari dapur

Lemari dapur adalah rumah bagi berbagai barang dan bahan. Berikut adalah beberapa noda lemari dapur yang paling umum dan cara membersihkannya. 

  • Sidik jari 

Residu berminyak pada jari dapat meninggalkan bekas yang tidak sedap dipandang pada pintu lemari dan perangkat keras. Untuk menghilangkan sidik jari, Anda dapat menggunakan cuka

Basahi kain dalam larutan 50-50 air dan cuka, oleskan pada permukaan yang bernoda, dan bersihkan dengan kain pemoles. 

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Lemari Dapur

  • Minyak 

Lemari yang berada tepat di atas kompor paling rentan terhadap noda minyak. Sama dengan sidik jari, Anda dapat membersihkan lemari dapur yang terkena noda minyak menggunakan cuka.

Karena noda ini kemungkinan besar lebih besar daripada sidik jari, Anda mungkin perlu mengulangi proses ini beberapa kali untuk menghilangkannya secara penuh.  

Baca juga: Lemari Dapur Penuh? Periksa 5 Hal Ini

  • Percikan makanan 

Mungkin percikan saus tomat mendarat di tempat yang salah atau tumpahan meja menetes ke lemari dasar. Bersihkan sisa makanan sesegera mungkin sebelum membersihkan lemari dapur dengan baking soda. 

Jika Anda memiliki air sadah, noda air pada lemari bisa menjadi masalah umum saat membersihkan lemari dapur. 

Baca juga: Beragam Manfaat Lemon untuk Membersihkan Dapur

Cara terbaik mencegah noda air adalah mengganti air keran dengan air suling setiap kali membersihkan lemari dapur agar tidak menambah noda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com