Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Lemari Dapur

Kompas.com - 28/01/2021, 15:42 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber ideal home

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berbicara tentang lemari dapur, ada banyak pilihan yang dapat menghiasi dapur rumah.

Namun, pertanyaannya apakah akan cocok dengan desain dapur di dalam rumah? Oleh sebab itu, memilih kabinet atau lemari dapur yang tepat merupakan hal yang penting, karena tak hanya memainkan peran besar dalam mempercantik penampilan dapur, namun juga dapat berdampak terhadap anggaran.

Dilansir dari Ideal Home UK, Kamis (28/1/2021), menambahkan aksesori atau pemilihan warna dapat membuat lemari dapur menjadi lebih cantik dan bisa bertahan selama beberapa tahun mendatang.

Baca juga: Desain Dapur 2 Warna Diprediksi Jadi Tren Tahun ini

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan sebelum memilih lemari dapur? Simak di sini.

Tata Letak Dapur

Tiap-tiap dapur memiliki kebutuhan lemari yang berbeda-beda, misalnya dapur keluarha besar cocok dengan lemari besar seperti tampilan yang lebih tradisional.

Kualitas

Lemari dapur yang memiliki kualitas bagus tentunya lebih memiliki daya tahan yang lebih lama, sebaliknya lemari yang tidak memiliki kualitas bagus, akan lebih rentan. Kualitas buruk akan berdampak besar pada umur panjang dan kinerja lemari tersebut.

Kepadatan bahan akan menentukan masa pakai lemari dapur. Papan chip dengan kepadatan rendah akan lebih rentan terhadap lengkungan permanen dalam kondisi lembab, tetapi merupakan pilihan yang paling terjangkau.

 

Baca juga: Wastafel Dapur Mampet? Begini Cara Menanganinya

Berikut beberapa pilihan bahan untuk lemari dapur:

MFC

MFC adalah papan produksi yang populer karena murah tetapi kuat. Inti papan chipnya terbuat dari kayu bekas, serbuk gergaji dan kertas, dan dilapisi dengan laminasi melamin.

Permukaannya tahan lembab, anti jamur dan mudah dibersihkan. Inti papan chip akan mengembang jika kelembapan masuk, tetapi sebagian besar papan MFC modern tertutup rapat untuk mencegahnya.

MDF (Medium density fibreboard)

Papan produksi massal populer lainnya yang dianggap lebih unggul dari MFC adalah MDF, dan karena itu sedikit lebih mahal, karena lebih kuat, lebih padat dan memiliki tepi yang jauh lebih halus serta lebih tahan lembab saat dipotong.

Terbuat dari serat kayu felt yang diikat dengan tekanan tinggi, MDF bebas getah dan simpul serta memiliki permukaan halus yang cocok untuk berbagai hasil akhir.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com