Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2021, 16:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Womans Day

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena digunakan setiap hari, baik untuk mencuci sayuran maupun mencuci piring dan peralatan masak yang kotor, kerap kali wastafel dapur mampet. Sisa-sisa makanan dan kotoran mengendap pada saluran, yang menyebabkan air tak bisa mengalir sempurna ke pembuangan.

Kalau sudah begini, maka Anda harus melakukan tindakan mengatasi wastafel dapur yang mampet.

Namun, kecuali kasusnya parah, Anda tidak perlu membuang uang dengan memanggil dan meminta bantuan tukang ledeng profesional untuk mengatasi wastafel dapur mampet.

Baca juga: Memilih Wastafel Dapur, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Ada langkah dan cara mudah mengatasi wastafel dapur mampet, dengan menggunakan bahan alami yang sudah ada di dapur Anda.

Dilansir dari Woman's Day, Selasa (26/1/2021), berikut cara mengatasi dan membersihkan wastafel dapur yang mampet, menurut Michael Dimopoulos, pendiri Lazy Susan's Cleaning.

Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah soda kue alias baking soda dan cuka putih. Kemudian, Anda juga membutuhkan cangkir atau gelas untuk menakar.

Buatlah campuran sepertiga cangkir atau gelas baking soda dan sepertiga cuka putih. Aduk kedua bahan tersebut hingga menjadi larutan.

Baca juga: Trik Membersihkan Area Wastafel Dapur Lebih Cepat

Segera tuangkan larutan tersebut ke saluran pembuangan wastafel dapur. Suara mendesis yang terdengar akan membantu menghilangkan kotoran atau limbah yang menumpuk di dalam pipa wastafel dapur.

Biarkan selama setidaknya satu jam, atau semalaman jika memungkinkan. Setelah larutan berada di dalam pipa setidaknya selama satu jam, siram dengan air panas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com