Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2021, 13:11 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wajan anti lengket menjadi peralatan masak yang dimiliki banyak orang, karena fungsinya yang bisa membantu kegiatan memasak sehari-hari.

Lapisan antilengket pada peralatan masak ini membuat masakan lebih sehat karena hanya membutuhkan lebih sedikit minyak.

Namun, perawatan yang tidak tepat dapat merusak hasi akhir pada peralatan tersebut, mulai dari menyebabkan makanan mulai menempel dan lapisannya terkelupas. Jika sudah seperti ini, akan mempersulit pembersihannya serta mengurangi masa pakainya.

Baca juga: 10 Kebiasaan yang Dapat Merusak Wajan Anti Lengket

Dilansir dari The Spruce Eats, Kamis (28/1/2021), meskipun beberapa lapisan antilengket lebih keras dari yang lain, namun jika tidak dirawat dengan baik akan memperpendek usia pemakaiannya. Berikut beberapa hal yang dapat membuat wajan antilengket cepat rusak.

Memotong Makanan di Wajan

Memotong makanan tepat di atas wajan dengan pisau atau perkakas logam lainnya dapat menembus lapisan yang membuat wajan rusak dan terbentuknya karat. Sebaiknya hindari penggunaan spatula besi dan ganti dengan spatula karet atau silikon untuk kegiatan memasak.

Menyimpan Wajan Tidak Benar

Menyimpan wajan secara sembarangan bersama dengan peralatan logam lainnya dapat menyebabkan goresan pada lapisannya.

Jangan biarkan apapun dengan ujung yang tajam masuk ke dalam atau menyentuh wajan. Solusinya gunakan serbet kertas di antara wajan dan wajan lainnya.

Baca juga: Jangan Langsung Mencuci Wajan Panas dengan Air Dingin, Kenapa?

Perubahan Suhu Air Secara Drastis

Menempatkan wajan antilengket yang sangat panas ke dalam air piring yang dingin atau hangat dapat menyebabkan wajan melengkung. Pembengkokan yang parah dapat menyebabkan lapisan penutup melengkung dan terkelupas. 

Pun wajan yang melengkung tidak akan mendistribusikan panas yang merata serta performa memasak akan berkurang. Biarkan wajan benar-benar dingin sebelum merendamnya dalam air.

Membersihkan dengan Benda Kasar

Menggunakan produk gosok yang berbahan dasar logam atau memiliki pembersih yang keras, dapat menghilangkan lapisan pada wajan.

Selalu gunakan penggosok plastik atau spons lembut. Membiarkan wajan terendam sebentar biasanya akan melonggarkan bekas makanan dan memungkinkan untuk lebih mudah membersihkannya hanya dengan air hangat, sabun lembut, dan kain lembut.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com