Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 23/09/2021, 11:45 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - WC mampet menjadi salah satu permasalahan yang sangat mengganggu dan membuat kamar mandi menjadi tempat yang tidak nyaman.

WC yang tersumbat atau mampet bisa jadi lebih dari sekadar ketidaknyamanan kecil. Selain tidak lagi bisa digunakan, WC mampet bisa menyebabkan banjir hingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Saat WC mampet terjadi, mungkin pikiranmu tertuju kepada jasa sedot WC. Namun, untuk cara penanganan satu ini biayanya tidak murah.

Baca juga: Tips Bersihkan Kloset dengan Bahan-bahan di Rumah, Cuka hingga Boraks

Sebelum harus benar-benar menghubungi jasa sedot WC, kamu bisa mengatasi permasalahan ini secara mandiri dengan beberapa langkah mudah dan tidak menguras kantong.

Dirangkum beberapa sumber, Kamis, (23/9/2021), berikut ini ada beberapa cara mengatasi  WC mampet agar bisa kembali lancar.

Ilustrasi kloset jongkok.SHUTTERSTOCK/MYIBEAN Ilustrasi kloset jongkok.

1. Soda kue dan cuka

Soda kue dan cuka telah lama dianggap sebagai bahan pembersih alami, tetapi jika digabungkan, keduanya menghasilkan reaksi kimia yang penting.

Saat digabungkan, kedua bahan ini menciptakan aksi mendesis yang kuat yang dapat melakukan lebih dari sekadar menghasilkan gelembung dalam jumlah yang mengesankan. Ini juga dapat melepaskan penyumbatan saluran pembuangan yang paling membandel.

Baca juga: 5 Cara Mudah Atasi Kloset Mampet, Pakai Baking Soda hingga Gantungan

Kunci dari proses ini adalah mengukur takaran bahannya dengan hati-hati untuk dan menghindari letusan kecil di lantai kamar mandi.

Langkah pertama, kaji tingkat keparahan

Sebelum mencoba melancarkan kembali WC mampet, penting untuk mengetahui seberapa buruk sumbatan itu. Biasanya, kamu perlu menggunakan soda kue dan cuka dengan perbandingan yang sama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com