Kompas.com - 28/01/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi produk pembersih rumah. SHUTTERSTOCK/LUMENSTIlustrasi produk pembersih rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cairan pemutih adalah produk pembersih klasik yang hampir ada di setiap rumah. Namun, perlu diingat bahwa pemutih tak hanya bermanfaat untuk mencuci pakaian, namun juga membersihkan banyak permukaan lainnya di rumah.

"Pemutih tidak hanya untuk mesin cuci," kata Mary Gagliardi, peneliti di Clorox, seperti dikutip dari Martha Stewart, Kamis (28/1/2021).

Menurut Gagliardi, pemutih juga bisa digunakan dengan mudah untuk membersihkan seisi rumah. Selain itu, harganya pun relatif terjangkau.

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Pemutih

Berikut ini beberapa cara yang benar dalam menggunakan pemutih untuk membersihkan rumah.

Menggunakan pemutih untuk mencuci pakaian

Meskipun biasanya digunakan untuk mencerahkan kulit putih, pemutih juga berguna jika Anda memiliki cucian yang harus dibersihkan ekstra, misalnya pakaian bayi atau perlengkapan olahraga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk membersihkan secara menyeluruh, Anda perlu menambahkan lebih banyak pemutih dari biasanya, yakni dua pertiga cangkir untuk mesin cuci standar, atau sepertiga cangkir untuk mesin efisiensi tinggi.

Namun, yang tidak diketahui kebanyakan orang adalah, tergantung bagaimana pewarna diaplikasikan, banyak pakaian berwarna dapat dicuci dengan aman dengan pemutih standar juga. Sebelum mencuci, Gagliardi merekomendasikan untuk menguji sebagian kecil kain dengan pemutih, misalnya bagian keliman dalam.

Baca juga: 10 Manfaat Pemutih, Bersihkan Mainan hingga Noda Kopi pada Cangkir

Campurkan 2 sendok teh pemutih dengan seperempat cangkir air, kemudian oleskan sedikit dan diamkan sebentar sebelum keringkan.

Menggunakan pemutih untuk membersihkan dapur

Anda bisa membuat larutan pembersih dari pemutih untuk membersihkan dapur. Untuk formula dasar yang dapat digunakan di seluruh permukaan dapur, Gagliardi merekomendasikan untuk mencampurkan setengah cangkir pemutih dengan satu galon air.

Anda dapat menggunakannya sebagai disinfektan untuk meja dapur, wastafel, lantai, lemari es, peralatan stainless steel, dan peralatan keras, non-anti karat lainnya.

Untuk mendisinfeksi tong sampah plastik, Anda memerlukan larutan yang lebih kuat. Campurkan setengah cangkir pemutih dengan tiga perempat galon air.

Untuk membersihkan talenan plastik, larutan yang lebih encer bisa digunakan. Campurkan 2 sendok teh pemutih dengan 1 galon air.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X