Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2021, 13:07 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemon tidak hanya baik untuk kesehatan dan menghilangkan aroma amis pada makanan laut atau seafood, tetapi juga memiliki fungsi ganda sebagai pewangi serta pembersih alami di rumah, terlebih dapur.

Dilansir dari Womens Weekly, Minggu (27/6/2021), ada beragam manfaat lemon untuk membersihkan dapur.  

Baca juga: Tips Menanam dan Merawat Kemangi Lemon 

Menghilangkan bau di kulkas 

Lemari es atau kulkas menjadi tempat mengawetkan beragam bahan makanan sehingga terkadang meninggalkan bau tak sedap.

Untuk menghilangkannya, Anda dapat meletakkan spons yang direndam dalam perasan air lemon di dalam kulkas selama beberapa jam. 

Baca juga: 6 Manfaat Lemon Untuk Membersihkan Ragam Peralatan di Rumah

Menghilangkan bau sampah 

Sampah yang ada di area dapur menjadi salah satu faktor penyebab bau tak sedap. Untuk mengatasinya, Anda dapat meletakkan beberapa potong kulit lemon di bagian bawah kantong sampah untuk menyegarkan tempat sampah. 

Membersihkan microwave yang kotor 

Campuran perasan air lemon dan air, lalu masukkan ke mangkuk, letakkan di microwave. Setelah itu, nyalakan microwave dan biarkan sampai mendidih. 

Baca juga: 7 Bahan Ini Bisa Membantu Anda Mencuci Pakaian, Lemon hingga Garam

Kemudian, biarkan mangkuk di dalam microwave selama satu jam untuk membiarkan uap melakukan tugasnya. Setelah itu, cukup bersihkan bagian dalam microwave dengan handuk dan sedikit air. 

Menghilangkan bau di talenan

Talenan sering bersentuhan dengan berbagai jenis bumbu dapur, dari bawang putih, bawang merah, hingga daging. Akibatnya, membuat talenan meninggalkan bau tak sedap.

Untuk menghilangkannya, belah lemon menjadi dua bagian, lalu gosokkan setengah lemon pada telenan dan diamkan selama 15 menit sebelum dibersihkan. 

Baca juga: Pengharum Ruangan Aroma Lemon Bikin Udara di Rumah Tak Bersih?

Mencegah serangga 

Manfaat lemon untuk membersihkan dapur selanjutnya adalah mencegah serangga muncul. Jika serangga menjadi masalah, semprotkan air lemon ke area yang biasa mereka masuki seperti ambang jendela.

Untuk mencegah semut dan kecoak, cobalah mengepel lantai dengan campuran empat buah lemon, ditambah kulitnya dan dua liter air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com