Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali, Ini Ciri-ciri Ikan Cupang Betina yang Siap Kawin

Kompas.com - 16/07/2021, 17:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang bisa menyebabkan kegagalan saat mengembangbiakkan ikan cupang adalah ikan cupang betina belum siap kawin.

Jika ikan cupang betina belum siap kawin, tentunya tidak akan bisa menghasilkan burayak atau anakan ikan cupang. Maka itu, penting mengetahui ciri-ciri ikan cupang betina yang sudah siap kawin saat berencana mengawinkannya. 

Dikutip dari beberapa sumber, Jumat (16/7/2021), berikut ini ciri-ciri ikan cupang betina siap kawin.

Baca juga: Cara Mengolah Daun Ketapang Agar Mutasi Ikan Cupang Menjadi Cepat

Lebih aktif dari biasanya

Jika ikan cupang betina sudah siap kawin, gerak-geriknya terlihat lebih aktif atau lebih garang sedikit daripada ikan cupang jantan.

Membuat buih

Ciri ikan cupang betina siap kawini selanjutnya adalah membuat buih atau gelembung air di wadahnya. Jadi, ikan cupang betina yang baru saja ngedok (membuka insangnya lebar-lebar agar bisa terlihat lebih besar) langsung membuat buih, itu menandakan ikan minta kawin. 

Baca juga: Kenali, Ini 4 Tanda Ikan Cupang Sakit

Perutnya sudah penuh telur

Ikan cupang yang sudah penuh telur bisa kamu amati dengan melihat perutnya yang besar atau gendut. Namun,  pastikan bahwa perut ikan cupang betina yang membesar bukan karena makanan, melainkan penuh telur.

Tampilan perut ikan cupang betina yang membesar karena kekenyangan berbeda dengan penuh telur. Perut ikan cupang betina yang membesar karena penuh telur akan terlihat mulus dan merata. 

Baca juga: Cara Mempercepat Mutasi Warna Ikan Cupang

Sementara itu, ikan cupang betina yang kekenyangan makanan akan menghasilkan perut gendut yang terlihat tidak merata atau tidak mulus.

Untuk memastikan perut ikan cupang betina membesar karena penuh telur, dengan mempuasakan mereka selama satu hari.

Jika setelah puasa selama sehari perut ikan cupang tidak kempes, bisa dipastikan bahwa perutnya penuh telur. Sebaliknya, bila sudah dipuasakan selama satu hari, tetapi perut ikan cupang kempes, hal itu disebabkan kekenyangan makanan. 

Baca juga: Bagaimana Cara Ikan Cupang Tidur? Ini Penjelasan Dokter Hewan

Bintik di perut membesar

Apabila bintik di bawah perut ikan cupang betina membesar atau menonjol, itu juga menjadi ciri ikan cupang betina siap kawin. Bintik di perut ikan cupang yang membesar akan menjadi jalan keluar bagi telur ikan cupang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com