Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2021, 15:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Wadah plastik kerap digunakan untuk menyimpan berbagai bahan makanan. Biasanya, beberapa orang menggunakan wadah plastik ini untuk meletakkan makanan di kulkas atau saat sedang bepergian.

Meski beberapa produk plastik rumahan cukup tahan lama, tak jarang plastik menjadi menguning dan keruh sehingga membuat tampilannya tidak enak dipandang.

Melansir dari Hunker, Jumat (16/7/2021), ada beberapa cara membersihkan noda kuning pada wadah plastik. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Wadah Plastik dari Berbagai Noda 

Rendam dalam larutan cuka 

Seiring waktu, wadah plastik, terutama wadah plastik yang bersentuhan dengan makanan, dapat menjadi keruh. Untuk menghilangkannya, buat campuran cuka putih dan air dengan perbandingan yang sama.

Jika area plastik yang menguning adalah bagian dalam cangkir atau wadah seperti blender plastik, tuangkan campuran ke dalamnya. Gunakan cairan yang cukup untuk mengisi wadah atau setidaknya menutupi semua area yang memiliki noda keruh. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau pada Wadah Plastik dengan 6 Bahan Ini

Jika kekeruhan ada di bagian luar benda plastik, rendam benda itu dalam wadah berisi larutan cuka. Biarkan wadah plastik yang keruh meresap larutan air dan cuka selama beberapa jam untuk memastikan bahwa benda benar-benar tersiram dengan bahan pembersih.

Setelahnya, gosok dengan bantalan gosok nilon, kemudian bilas dan cuci bersih. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau pada Wadah Plastik dengan 6 Bahan Ini 

Baking soda

Baking soda dapat menghilangkan beberapa jenis noda kuning yang disebabkan pewarna dan mineral pada beberapa makanan.

Untuk menghilangkannya, buat pasta dari baking soda dan air, lalu basahi plastik yang sudah menguning. Celupkan sikat gigi, bantalan gosok, atau sikat gosok ke dalam pasta, lalu gosok area yang terkena noda. 

Baca juga: 3 Bahan Alami yang Ampuh Menghilangkan Bau pada Wadah Plastik

Lemon 

Keasaman dari lemon menjadikannya penghilang noda yang sangat baik. Tuangkan perasan lemon, baik langsung maupun diencerkan, dan air dengan jumlah perbandingan ke dalam wadah plastik yang sudah menguning.

Biarkan wadah plastik terendam sebentar, lalu periksa wadah plastik setelah satu jam atau lebih untuk memastikan asam sitrat bekerja. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Wadah Plastik yang Menguning Kembali Bersih

Jika masih kuning, diamkan lebih lama atau letakkan di bawah sinar matahari dengan masih ada perasan lemon atau di dalamnya. Gosok wadah dengan sikat scrub nilon dan larutan sabun cuci piring ringan sesudahnya. 

Hidrogen peroksida 

Cara lain menghilangkan noda kuning pada wadah plastik adalah menggunakan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida aman untuk mengatasi masalah noda kuning pada wadah plastik. 

Baca juga: Amankah Pakai Wadah Plastik Saat Memanaskan Makanan dengan Microwave? 

Gunakan hidrogen peroksida dan mangkuk plastik untuk membersihkan mangkuk dan cangkir yang lebih kecil. Tuangkan hidrogen peroksida murni ke dalam mangkuk plastik besar dan biarkan barang-barang yang lebih kecil meresap.

Rendam pemutih 

Pemutih dapat menghilangkan beberapa noda dan perubahan warna dari plastik. Tambahkan satu sendok makan pemutih untuk secangkir air. Gunakan cairan yang cukup untuk merendam area yang berubah warna sepenuhnya. 

Baca juga: Furnitur Kursi Plastik Bening Dianggap Sebagai Tren Dekorasi Terbaru

Jika barang perlu direndam dalam waktu lama dalam larutan, gunakan gelas atau wadah plastik yang lebih besar untuk menampung larutan pemutih.

Setelah 30-45 menit, bilas dan cuci dengan air sabun hangat untuk menghilangkan lapisan pemutih yang tertinggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com