Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Trik Mudah Menghilangkan Noda Cat yang Menempel di Lantai Keramik

Kompas.com - 16/07/2021, 12:48 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mengecat dinding, plafon, maupun kusen jendela dan pintu, ada risiko yang bisa menyebabkan cat menetes ke permukaan lantai

Tetesan maupun cipratan cat pada akhirnya menjadi noda yang tak enak untuk dilihat sekaligus merusak tampilan permukaan keramik. Untuk itu, penting untuk segera menghilangkan noda cat yang menempel di lantai. 

Dilansir dari beberapa sumber, Jumat (16/7/2021), berikut ini beberapa trik mudah menghilangkan noda cat di lantai keramik

Baca juga: Bersihkan Noda Keramik Kamar Mandi dengan Bahan Ini

Ampelas

Cara satu ini menjadi yang paling mudah untuk mengatasi noda cat di lantai keramik. Seka noda cat di lantai keramik terlebih dahulu dengan kain basah, kemudian gosok noda cat secara perlahan menggunakan ampelas halus.

Kamu akan melihat noda cat terkikis dengan mudah, lalu bersihkan kikisan noda cat yang sudah menjadi seperti debu. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Keramik untuk Lantai dan Dinding Dapur

Kape

Untuk noda cat yang membandel atau tebal, kamu perlu menggunakan kape atau sekrap untuk mengikisnya.

Basahi area lantai keramik yang terkena noda, lalu kikis noda cat secara perlahan menggunakan kape. Setelah noda terkikis dan tipis, gunakan metode menghilangkan noda cat dengan ampelas halus seperti yang dijelaskan sebelumnya. 

Baca juga: 4 Bahan yang Ampuh Membersihkan Nat Keramik yang Kotor

Tiner

Selain beberapa cara sebelumnya, kamu bisa menghilangkan noda cat di lantai keramik menggunakan tiner.

Caranya, basahi kain bersih dengan tiner, selanjutnya gosokan kain ke lantai keramik yang terdapat noda. Namun, cara satu ini bisa kamu lakukan berulang kali sampai noda bekas cat benar-benar hilang. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Semen yang Menempel di Keramik

Cuka putih

Campurkan air dan cuka putih dengan jumlah yang sama, lalu didihkan kedua bahan. Setelah mendidih, oleskan larutan cuka ke kain bersih dan seka secara perlahan pada noda cat yang menempel di lantai keramik.

Karena masih panas, kamu perlu berhati-hati. Larutan cuka panas akan melembutkan noda cat yang kemudian bisa kamu gosok dengan sikat agar noda cat terangkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com