Kompas.com - 16/07/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi benda kuningan UNSPLASH/Watermark Designs Ilustrasi benda kuningan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuningan merupakan perpaduan logam tembaga dengan logam seng yang memiliki kadar tembaga antara 60-95 persen massa.

Ada tiga jenis kuningan, yakni kawat kuningan dengan kadar 62-95 persen , pipa kuningan dengan kadar tembaga 60-90 persen, dan plat kuningan kadar tembaga antara 60-90 persen. 

Baca juga: 8 Benda di Rumah yang Sudah Saatnya Diganti

Umumnya, bahan kuningan ini dipakai untuk membuat bingkai tempat tidur, alat musik, pencahayaan, lampu, tempat lilin, dan dekorasi lainnya.

Jika furnitur atau benda kuningan tidak dirawat atau dipernis, akan cepat kotor dan bernoda. Lalu, bagaimana cara membersihkan benda kuningan yang tepat?

Melansir dari Household Management, Jumat (16/07/2021), berikut ini cara membersihkan benda dan furnitur berbahan kuningan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 7 Benda yang Tidak Boleh Dibuang ke Kloset

Cara membersihkan benda dan furnitur kuningan berpernis

Jika kuningan dipernis, sebaiknya tidak dipoles, melainkan dibersihkan saja. Kamu dapat mengetahui apakah benda dan furnitur sudah dipernis dengan melihat lapisan bening pada benda.

Biasanya, jika sudah dipernis, noda hanya akan muncul di permukaan yang dipernis. Langkah terpenting membersihkan kuningan adalah membersihkannya secara rutin menggunakan kain bertekstur lembut. Kamu tidak memerlukan air untuk membersihkan kuningan yang dipernis.

Baca juga: 4 Benda yang Dapat Merusak Energi di Kamar Tidur

Namun, jika ingin membersihkan noda membandel, cukup basahi permukaan benda dengan campuran air hangat dan cairan pencuci piring.

Jangan gunakan air panas karena dapat merusak pernis. Selanjutnya, lap dengan kain bersih dan kering untuk menghilangkan sisa sabun dan air.

Baca juga: Ingat, 8 Benda Ini Tidak Boleh Dibersihkan dengan Mesin Cuci

Cara membersihkan benda kuningan yang tidak dipernis

Ilustrasi benda kuninganUNSPLASH/Kaufmann Mercantile Ilustrasi benda kuningan

Kuningan yang tidak dipernis mudah ternoda. Jika ingin membuatnya tetap mengkilat, perlu dipoles secara teratur. Berikut bahan dan cara memoles kuningan:

Bahan yang dibutuhkan

  • Kain katun
  • Semir kuningan
  • Sikat gigi
  • Sarung tangan bahan katun (opsional)

Baca juga: Jangan Lupa, 7 Benda di Kamar Mandi Ini Juga Perlu Dibersihkan

Langkah-langkah

  • Pertama, pastikan permukaan benda kuningan bersih dari semua debu dan kotoran sebelum memolesnya.
  • Kedua, kenakan sarung tangan dan letakkan semir kuningan di atas kain katun. Kemudian, gosok noda yang kotor pada bagian permukaan benda. Menggunakan sarung tangan dapat melindungi tangan dari noda, minyak, semir, maupun kotoran dan debu.
  • Ketiga, gunakan sikat gigi untuk menggosok dengan lembut area yang sulit dijangkau seperti lekukan di kuningan, yang terkena noda.
  • Keempat, setelah semua noda hilang, gosok terus permukaan kuningan untuk menghilangkan sisa cat sekaligus membuat benda terlihat lebih mengkilat.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.