Kompas.com - 12/06/2021, 18:51 WIB
Ilustrasi lemari pakaian. SHUTTERSTOCK/VOVAKLAKIlustrasi lemari pakaian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari pakaian yang berantakan tentu tidak sedap dipandang. Tidak hanya itu, lemari pakaian yang berantakan juga bisa membuat pakaian kusut, yang akhirnya memaksa Anda kembali menyetrikanya.

Oleh sebab itu, rutinlah meluangkan waktu untuk merapikan lemari pakaian Anda. Selain itu, singkirkan juga pakaian atau aksesoris yang tidak lagi dipakai, dengan cara didonasikan atau dijual kembali.

Dilansir dari HGTV, Sabtu (12/6/2021), berikut cara merapikan lemari pakaian hanya dengan 10 langkah mudah ini.

Baca juga: 7 Ide Penyimpanan di Lemari Pakaian agar Tetap Rapi

1. Mengetahui apa yang membuat lemari pakaian berantakan

Ketahui dan pecahkan masalah-masalah yang membuat lemari pakaian berantakan. Misalnya, sepatu yang memakan ruang di lemari pakaian atau terlalu banyak pakaian yang membuat lemari penuh sesak.

Misalkan sepatu Anda memakan banyak ruang di lemari cobalah menggunakan rak sepatu gantung. Selain itu, apabila pakaian Anda terlalu penuh sesak, cobalah menggunakan gantungan pakaian yang tipis untuk menghemat ruang.

Di samping itu, untuk Anda yang kerap terbaru-buru di pagi hari, cobalah beri kategori untuk setiap jenis pakaian yang disimpan di lemari, misalnya blus untuk bekerja, celana panjang, kaos, rok, dan sebagainya untuk memberi kesan tertib dan menghemat waktu Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Libatkan keluarga

Melibatkan suami dan anak-anak dalam merapikan lemari pakaian dapat membuat perbedaan dalam kehidupan sehari-hari keluarga Anda. Setiap orang harus bertanggung jawab atas pakaian, aksesoris, dan mainannya sendiri.

Baca juga: Tips Cerdas Menjaga Lemari Pakaian Anak Tetap Rapi

Ini akan menghemat waktu pembersihan Anda menjadi dua dan memastikan tidak ada barang penting yang dibuang secara tidak sengaja.

3. Luangkan waktu satu jam

Jadwalkan waktu 60 menit alias satu jam dalam seminggu untuk merapikan lemari pakaian. Namun, bagi waktu tersebut menjadi dua sesi agar Anda tidak terlalu lelah.

Jika Anda terus-menerus diganggu anak saat merapikan lemari pakaian, mintalah pasangan Anda untuk mengajak anak-anak keluar. Ingatlah untuk melakukan hal yang sama saat suami harus merapikan juga.

4. Keluarkan semua isi lemari pakaian

Keluarkan semua isi lemari pakaian Anda. Jika Anda tidak mengeluarkan semuanya, kemungkinan pakaian yang belum dipakai akan dipindahkan di sekitar lemari.

Halaman:


Sumber HGTV
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X