Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Mudah Mengecat Lemari Dapur, Bisa Dilakukan Sendiri

Kompas.com - 16/05/2021, 17:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Barangkali bagi sebagian pemilik rumah, lemari dapur atau kabinet dapur adalah salah satu penyumbang terbesar renovasi di dapur.

Bahkan, disebutkan bahwa lemari dapur menyita 40 persen dari total anggaran renovasi dapur.

Nah, untuk Anda yang bosan dengan tampilan lemari dapur yang monoton, mengapa tidak mengecatnya saja? Ini adalah cara hemat biaya untuk secara bersamaan memberikan tampilan baru baik pada lemari dapur maupun area dapur secara keseluruhan.

Baca juga: Mana yang Layak Dipilih, Rak Dapur Terbuka atau Lemari Dapur Tertutup?

Meski tampak mudah, namun kenyataannya mengecat lemari dapur adalah proses dengan berbagai langkah dan membutuhkan banyak waktu. Oleh sebab itu, dibutuhkan persiapan, kesabaran, dan dedikasi yang matang.

Dilansir dari Hunker, Minggu (16/5/2021), hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengecat lemari dapur adalah mengidentifikasi bahan dan gaya lemari dapur Anda. Ini akan menentukan jenis cat yang dibutuhkan dan hasilnya.

Bahan-bahan tertentu seperti kayu, MDF atau medium density fiberboard, dan kayu tiruan dapat dengan mudah diampelas dan lapisan cat baru merekat lebih efektif.

Namun, bahan kayu laminasi tidak menyerap lapisan atas dengan baik, sehingga membutuhkan primer pengikat khusus dan cat yang dibuat untuk permukaan yang tidak berpori.

Baca juga: Simak, 7 Cara Mudah Merapikan Lemari Dapur

Jika Anda memiliki lemari dapur berbahan logam, gunakan primer dan cat eksterior yang diformulasikan khusus untuk logam.

Jenis cat untuk lemari dapur

Satu hal penting yang harus diingat adalah kualitas cat bisa sangat bervariasi. Namun, Anda harus memilih kualitas tertinggi yang sesuai dengan anggaran.

Cat yang lebih murah membutuhkan lebih banyak lapisan, kurang tahan lama, dan akan lebih mudah menunjukkan sapuan kuas. Sebagian besar pilihan cat bergantung pada cat minyak alkyd atau lateks berbahan dasar air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com