Kompas.com - 16/05/2021, 14:28 WIB
Ilustrasi menanam sayuran di balkon. SHUTTERSTOCK/TRONG NGUYENIlustrasi menanam sayuran di balkon.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkebun atau merawat tanaman hias seperti tanaman daun, tanaman herbal, sayuran, hingga bunga tak selalu dilakukan di halaman atau teras rumah.

Balkon apartemen atau kondominium bisa menjadi tempat ideal untuk berkebun dan merawat tanaman. Tentu saja, memiliki balkon berisi tanaman hias bisa menjadi hal menyenangkan. 

Baca juga: Mau Menghias Balkon dengan Tanaman? Perhatikan 4 Hal Ini Dulu

Keberadaan tanaman-tanaman itu juga dapat mempercantik dan menyegarkan balkon serta mendekatkan dengan alam sekali pun apartemen berada di lingkungan perkotaan.

Selain itu, memberi suasana nyaman, tenang, serta mengusir kebosanan. Namun, sebelum memulai merawat tanaman di balkon apartemen, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. 

Baca juga: 4 Cara Membuat Balkon Rumah Terlindungi dari Paparan Hujan

Melansir dari laman Gardening Know How, Minggu (16/5/2021), berikut ini sejumlah hal yang harus diperhatikan sebelum merawat tanaman hias di balkon apartemen. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pastikan Pencahayaan Alami

Setiap tanaman memiliki kebutuhan cahaya yang berbeda. Sayangnya, beberapa balkon apartemen ada yang terjebak di lokasi teduh alias tidak mendapat pencahayaan alami dari sinar matahari secara langsung. 

Baca juga: 6 Tips Membuat Balkon Rumah Menjadi Lebih Cantik

Untuk itu, pastikan balkon apartemen memperoleh cahaya alami tersebut. Namun, apabila balkon tidak mendapatkannya, solusinya adalah memilih tanaman yang tidak memerlukan sinar matahari, baik secara langsung maupun sering.

Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot memindahkan tanaman ke area yang mendapat cahaya matahari.  

Baca juga: Tips Mendesain Balkon Kecil untuk Rumah dan Apartemen

Taman Vertikal

Keterbatasan lahan di balkon apartemen sering kali menjadi kesulitan untuk menata tanaman secara rapi tanpa harus memakan banyak tempat.

Demi memaksimalkan balkon, Anda dapat mempertimbangkan memilih menggantung tanaman secara vertikal atau membuat taman secara vertikal. 

Baca juga: 10 Ide untuk Memanfaatkan Balkon Kecil di Rumahmu

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X