Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Berkebun di Balkon Apartemen? Perhatikan 5 Hal Ini Terlebih Dulu

Kompas.com - 16/05/2021, 14:28 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkebun atau merawat tanaman hias seperti tanaman daun, tanaman herbal, sayuran, hingga bunga tak selalu dilakukan di halaman atau teras rumah.

Balkon apartemen atau kondominium bisa menjadi tempat ideal untuk berkebun dan merawat tanaman. Tentu saja, memiliki balkon berisi tanaman hias bisa menjadi hal menyenangkan. 

Baca juga: Mau Menghias Balkon dengan Tanaman? Perhatikan 4 Hal Ini Dulu

Keberadaan tanaman-tanaman itu juga dapat mempercantik dan menyegarkan balkon serta mendekatkan dengan alam sekali pun apartemen berada di lingkungan perkotaan.

Selain itu, memberi suasana nyaman, tenang, serta mengusir kebosanan. Namun, sebelum memulai merawat tanaman di balkon apartemen, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. 

Baca juga: 4 Cara Membuat Balkon Rumah Terlindungi dari Paparan Hujan

Melansir dari laman Gardening Know How, Minggu (16/5/2021), berikut ini sejumlah hal yang harus diperhatikan sebelum merawat tanaman hias di balkon apartemen. 

Pastikan Pencahayaan Alami

Setiap tanaman memiliki kebutuhan cahaya yang berbeda. Sayangnya, beberapa balkon apartemen ada yang terjebak di lokasi teduh alias tidak mendapat pencahayaan alami dari sinar matahari secara langsung. 

Baca juga: 6 Tips Membuat Balkon Rumah Menjadi Lebih Cantik

Untuk itu, pastikan balkon apartemen memperoleh cahaya alami tersebut. Namun, apabila balkon tidak mendapatkannya, solusinya adalah memilih tanaman yang tidak memerlukan sinar matahari, baik secara langsung maupun sering.

Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot memindahkan tanaman ke area yang mendapat cahaya matahari.  

Baca juga: Tips Mendesain Balkon Kecil untuk Rumah dan Apartemen

Taman Vertikal

Keterbatasan lahan di balkon apartemen sering kali menjadi kesulitan untuk menata tanaman secara rapi tanpa harus memakan banyak tempat.

Demi memaksimalkan balkon, Anda dapat mempertimbangkan memilih menggantung tanaman secara vertikal atau membuat taman secara vertikal. 

Baca juga: 10 Ide untuk Memanfaatkan Balkon Kecil di Rumahmu

Taman vertikal ini juga dapat menjadi terali sehingga dapat menghalangi orang untuk melihat ke dalam balkon. 

Selain itu, cara ini juga dapat menghemat ruang serta memberi lahan bagi furnitur teras dan kebutuhan lainnya untuk ditempatkan di balkon. 

Baca juga: Menanam Cabai di Balkon Rumah, Solusi untuk Lahan Terbatas

Pilih Pot Plastik

Pilih wadah atau pot tanaman dengan tepat. Terra cotta dan pot tanpa glasir lainnya akan cepat mengering dalam situasi cerah.

Pastikan setiap wadah memiliki lubang drainase dan siram tanaman menggunakan cawan untuk mencegah tumpahan air yang berlebihan. 

Baca juga: Ingin Merawat Tanaman di Balkon? Simak 7 Tips Ini Dulu

Pertimbangkan juga memilih pot dengan material ringan agar memudahkan menggantungnya. Pot plastik adalah pilihan yang tepat. Selain ringan, harganya juga terjangkau serta tersedia dalam banyak warna dan gaya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com