Kompas.com - 26/02/2021, 18:10 WIB
Ilustrasi tanaman cabai di dalam pot. PIXABAY/LEELUUIlustrasi tanaman cabai di dalam pot.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman cabai dapat tumbuh di berbagai wadah dan dapat diletakkan di lokasi mana pun, asalkan terkena sinar matahari.

Selain di halaman rumah, tanaman cabai juga bisa ditanam di balkon rumah dengan menggunakan pot, hal ini juga menjadi salah satu solusi ketika Anda tidak memiliki pekarangan yang cukup luas untuk menanam cabai.

Namun, yang harus diperhatikan adalah tidak semua pot cocok untuk tanaman cabai.

Baca juga: Trik Menanam Cabai Menggunakan Botol Air Bekas

Dilansir dari Chili Plant, Jumat (26/2/2021), pot yang ingin dijadikan sebuah wadah untuk tanaman cabai tidak boleh kurang dari 20 cm.

Jika ruang memungkinkan, pilih pot tanaman yang lebih besar sekitar 30 cm. Jika volumenya lebih kecil, tanah tidak dapat menyimpan banyak cairan dan akan berakibat buruk pada perkembangan tanaman cabai.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat menanam cabai di balkon rumah.

Sinar Matahari

Tanaman cabai membutuhkan banyak sinar matahari dan suhu yang hangat. Dan kedua faktor tersebut bisa didapatkan di area balkon tersebut.

 

Baca juga: Garam dan Micin Bisa Bikin Tanaman Cabai Tumbuh Lebat, Ini Caranya

Selain sinar matahari, Anda juga harus memerhatikan drainase yang baik serta penyiraman yang konsisten. Hal yang menguntungkan menanam di balkon, Anda bisa memindahkan tanaman cabai ketika cuaca sedang hujan terus menerus.

Penyiraman

Perlu diperhatikan, tanah kering atau terlalu basah akan menjadi permasalahan bagi tanaman cabai. Sehingga siramlah ketika tanah sudah mulai mengering dan hindari penyiraman ketika tanah masih dalam keadaan basah atau lembab. 

Karena itu, selalu perhatikan baik-baik tanaman cabai di balkon Anda. Periksa kelembapan tanah dengan jari-jari Anda.

Hindari air sadah atau air keran untuk penyiraman, karena lebih baik menggunakan air hujan yang dikumpulkan karena tidak mengandung klorin yang terkandung pada air keran.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X