Kompas.com - 16/05/2021, 10:30 WIB
Ilustrasi buah cabai yang terkena penyakit jamur anthracnose. SHUTTERSTOCK/KLAHANIlustrasi buah cabai yang terkena penyakit jamur anthracnose.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cabai adalah salah satu jenis tanaman sayuran yang sering dijadikan pilihan untuk ditanam di rumah. Tanaman cabai dapat ditanam baik di tanah di pekarangan rumah maupun di pot.

Secara umum, tanaman cabai mudah dirawat dan mudah pula tumbuhnya. Namun demikian, tanaman cabai juga dapat terserang penyakit jamur yang menghambat pertumbuhannya.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Minggu (16/5/2021), berikut beberapa jenis jamur yang sering menyerang tanaman cabai.

Baca juga: Busuk Akar pada Tanaman Cabai: Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Ilustrasi tanaman yang terkena penyakit jamur Verticillium wilt atau layu verticillium.SHUTTERSTOCK/SHE HOMESTEADS Ilustrasi tanaman yang terkena penyakit jamur Verticillium wilt atau layu verticillium.

1. Layu Verticillium

Penyakit layu Verticillium disebarkan oleh jamur yang berasal dari tanah dan dapat memengaruhi tanaman hias serta cabai.

Jamur ini dapat tertidur di tanah selama bertahun-tahun sebelum menembus akar tanaman, akhirnya menyebar ke sistem penghantar air tanaman.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanda-tanda layu Verticillium bisa bermacam-macam, tetapi gejala awalnya adalah tanaman kerdil dan daun menguning yang berkembang menjadi daun rontok, layu permanen dan tanaman mati.

Layu fusarium adalah penyakit jamur lain yang pertama kali menyebabkan daun bagian bawah layu akibat pembusukan akar dan batang. Seluruh tanaman cabai akan layu, dengan cekungan berwarna cokelat terlihat di pangkal tanaman.

Baca juga: Cara Pemangkasan Tanaman Cabai yang Benar dan Manfaatnya

Ilustrasi tanaman yang terkena penyakit jamur phytophthora blight atau hawar phytophthora.SHUTTERSTOCK/ELENA MASIUTKINA Ilustrasi tanaman yang terkena penyakit jamur phytophthora blight atau hawar phytophthora.

2. Hawar Phytophthora

Salah satu penyakit jamur yang paling merusak tanaman cabai adalah hawar Phytophthora. Jamur ini juga kerap menginfeksi tanaman mentimun dan labu.

Gejala dapat bervariasi tergantung pada bagian tanaman yang terkena, misalnya akar, daun, atau buah.

Pada tanaman cabai, lesi hitam dapat terbentuk pada tanaman di atas garis tanah sebelum tanaman layu dan mati.

Penyakit hawar ini disebabkan oleh jamur yang menyerang tanaman sayuran dan ladang, serta tanaman hias. Batang tanaman cabai akan terpengaruh, diikuti daun layu dan tanaman mati.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X