Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/05/2021, 09:00 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com--Sudut ruangan seringkali terabaikan saat mendekorasi. Padahal kamu bisa mendekorasi bagian ini dengan beeragam ide, salah satuya adalah dengan menambah lemari sudut

Lemari sudut bisa sekaligus menjadi tempat untuk meletakkan pajangan, atau benda-benda unik yang menjadi koleksimu.

Untuk kamu yang ingin memberikan lemari sudut pada ruang tamu, berikut beberapa tips seperti dlansir dari Martha Steward, Senin (24/5/2021).

Baca juga: Simak, Cara Memilih Sofa Berdasarkan Ukuran Ruang Tamu

1. Dekorasi rak sudut harus senada dengan ruang tamu

"Saat menata ruangan dan mendekorasi rak dalam bentuk apa pun, selalu ingin hal itu mencerminkan gaya dan]warna ruangan tempat mereka berada," kata Betsy Helmuth, pemilik perusahaan desain interior Affordable Interior Design.

Kamu bisa menghadirkan aksesori dengan bahan-bahan yang bisa semakin melengkapi ruang tamu, seperti kaca, keramik atua bahkan kayu.

Selain serasi dengan bagian ruangan, ada baiknya kamu juga menjaga bagian kabinet atau lemari sudut juga memiliki skema warna yang serupa.

"Saya akan memilih item dengan warna serupa sehingga tidak ada yang menonjol," kata Betty Lang, pendiri dan desainer utama di Lang Studio Design di Studio88.

2. Tinggi bervariasi

Barang-barang yang kamu letakkandi rak harus menambah daya tarik visual pada ruangan. Untuk itu, pilih item yang tingginya bervariasi dan berjenjang mulai dari yang paling pendek, lebih tinggi, dan paling tinggi.

"Item harus memiliki tiga ketinggian berbeda untuk membuat mata mengalir," kata Lang.

Menggunakan benda-benda dengan ketinggian yang berbeda-beda dapat digunakan untuk rak sudut atau lemari.

Jangan lupa juga memperhatikan jarak pada pajangan yang ada di dalam lemari sudut. "Pastikan tidak ada barang yang lebih dekat dari dua inci (5 cm) ke rak di atas untuk memastikan barang tidak terlihat sempit," kata Helmuth.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com