Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Memilih Sofa Berdasarkan Ukuran Ruang Tamu

Kompas.com - 24/05/2021, 10:42 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa merupakan elemen terpenting di dalam sebuah ruangan keluarga atau tamu. Dengan adanya sofa, Anda dapat bersantai, menonton film favorit, dan bercakap dengan keluarga.

Oleh sebab itu, memilih sofa yang tepat menjadi salah satu faktor yang penting untuk menciptakan kenyamanan di ruangan tersebut.

Melansir dari Decortips, Senin (24/5/2021), pemilihan sofa yang salah, seperti terlalu kecil atau besar akan memengaruhi suasana di dalam ruang tersebut.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Tanpa Sofa

Untuk itu, berikut hal yang harus diketahui dan pertimbangkan agar tepat dalam pemilihan sofa yang terbaik.

1. Ruang tamu sempit

Desain ruang tamu ini biasanya menjadi musuh banyak orang, itulah alasan beberapa orang tidak meletakkan sofa di ruang tamu kecil.

Namun, sebenarnya, Anda masih bisa meletakkan sofa di sudut. Ini biasanya menyisakan banyak ruang untuk bergerak di sekitar ruangan.

Tentu saja pemilihan ukuran dan jenis juga harus diperhatikan, pilih sofa yang tidak terlalu besar, sehingga tidak memakan banyak tempat.

 

Baca juga: Cara Padu Padan Bantal Sofa Sebagai Dekorasi Ruang Tamu

Menempatkannya di posisi ini juga akan memungkinkan Anda melengkapi dekorasi ruang tamu dengan meja samping atau meja kopi yang indah.

2. Ruang tamu luas

Untuk ruang tamu yang luas, pemilihan sofa lebih mudah, karena jenis sofa apapun bisa diletakkan di dalamnya. Apalagi jika Anda menyukai kenyamanan, dapat memilih sofa berukuran besar tanpa masalah apapun.

Akan tetapi, tak sembarangan dalam memilih, sebelum membeli sofa, disarankan untuk mengukur ruangan terlebih dahulu. Pun yang paling penting adalah mengukur jalan masuk atau lorong yang akan dilewati sofa tersebut, sehingga ketika ingin meletakkannya tidak terjadi kesulitan.

Jenis sofa yang paling baik untuk ruang tamu besar ini adalah sofa dengan bentuk L, sehingga dapat melengkapi dekorasi dengan meja kopi atau furnitur lainnya di dalam ruangan.

Halaman:
Sumber Decortips
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com