Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Sukulen Ini Mudah Dirawat di Dalam Ruangan

Kompas.com - 12/06/2021, 14:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias sukulen sangat populer selama beberapa tahun terakhir. Salah satunya adalah karena tanaman sukulen sangat mudah dirawat, termasuk untuk pemula.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Sabtu (12/6/2021), jaringan penyimpanan air khusus pada tanaman sukulen memungkinkannya bertahan di lingkungan yang sangat kering. Sehingga, tanaman sukulen akan bertahan dalam waktu lama meski Anda lupa menyiramnya.

Tanaman sukulen juga tumbuh subur di udara kering dan suhu hangat, yang sudah dimiliki sebagian besar rumah, jadi Anda tidak perlu mengubah apa pun untuk menanamnya di ruang tamu.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Bunga Tahan Panas Matahari yang Cocok Ditanam di Pot

Jika Anda adalah pemula dalam perawatan tanaman hias, berikut adalah beberapa tanaman sukulen yang mudah tumbuh dan dapat hidup dengan baik di dalam ruangan yang dapat dipilih.

Ilustrasi tanaman Donkey's Tail, Burro's Tail, atau kaktus anggur.SHUTTERSTOCK/BOZHENA MELNYK Ilustrasi tanaman Donkey's Tail, Burro's Tail, atau kaktus anggur.

1. Burro's tail

Burro's Tail atau ekor keledai (Sedum morganianum) adalah tanaman sukulen merambat yang terlihat paling baik di pot gantung atau pot yang diletakkan di langkan, rak, maupun dudukan tanaman, sehingga dapat digantung.

Setiap batang tanaman ini dapat mencapai panjang 90 cm dan dipenuhi dengan daun hijau abu-abu seukuran dan berbentuk sebutir beras yang montok. Daunnya memiliki kilau pucat dan saat Anda menyentuhnya, sidik jari Anda akan tercetak.

Selain itu, daun tanaman ini rapuh dan mudah rontok, jadi sebaiknya hindari penanganan tanaman ini sebisa mungkin. Berasal dari Meksiko, Burro's Tail lebih menyukai cahaya terang.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Berdaun Lebar yang Cocok Jadi Titik Fokus di Ruangan

Anda dapat membiarkan tanah mengering di antara penyiraman, terutama di musim dingin ketika tidak tumbuh secara aktif.

2. Christmas cactus

Tidak seperti kaktus lainnya, Christmas Cactus (Schlumbergera x buckleyi) tidak memiliki duri yang tajam. Batangnya yang rata, berdaging, dan tersegmentasi dan bisa cukup panjang.

Christmas Cactus juga lebih menyukai kelembapan yang sedikit lebih banyak daripada tanaman sukulen yang runcing, jadi sirami setiap kali bagian atas tanah dalam potnya kering.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com