Kompas.com - 12/06/2021, 12:50 WIB
Ilustrasi tanaman cabai, menanam cabai. SHUTTERSTOCK/KHAN3145Ilustrasi tanaman cabai, menanam cabai.

KOMPAS.com - Cabai merupakan salah satu tanaman yang paling mudah dirawat serta berbuah cepat.

Namun, tak jarang tanaman cabai yang kamu tanam menghadapi sejumlah masalah seperti daunnya keriting, menguning, hingga rontok. Jika tak segera diobat, maka akan menyebabkan tanaman tidak cepat berbuah bahkan mati.

Kondisi ini menyebabkan nutrisi yang diberikan tidak terserap sempurna. Padahal, daun adalah tempat memasak makanan bagi tanaman cabai.

Baca juga: Langkah Membuat Pupuk Organik Cair untuk Tanaman Cabai

Sehingga jika pertumbuhan daun tidak baik, maka tanaman akan sulit memproses makanan dan mengakibatkan gagal panen.

Daun tanaman cabai yang menguning bisa disebabkan oleh sejumlah hal.PIXABAY/PUBLICDOMAINPICTURES Daun tanaman cabai yang menguning bisa disebabkan oleh sejumlah hal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Umumnya, permasalahan tersebut disebabkan oleh kutu kebul yang membawa virus kuning. Kutukebul ini biasanya berkembag biak di tanaman cabai dan beberapa jenis sayuran lainnya.

Nah, agar daun cabai tumbuh subur dan tidak gagal panen, melansir dari berbagai sumber, BusukSabtu (12/6/2021), berikut ini cara mengatasi daun cabai keriting, kuning, dan rontok.

Pemilihan varietas cabai

Pilih varietas cabai yang tahan dan toleran terhadap virus kuning agar tanaman tumbuh lebih kuat dan tangguh, seperti cabai merah.

Baca juga: Mengenal Penyakit Antraknosa pada Tanaman Cabai, Bikin Buah Busuk

Varietas cabai merah ini memiliki toleransi terhadap virus kuning penyebab daun keriting, kuning, dan rontok.

Selain itu, ia juga tahan terhadap virus lainnya seperti C. annum (Tit Super, CK Sumatera, TM 99 dan Lembang– 1) dan C. frutescens (Bara dan Rawit Thailand).

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X