Kompas.com - 30/05/2021, 09:40 WIB
Hama pada tanaman cabai, baik tanaman cabai di kebun atau di pot, dapat mengganggu pertumbuhannya. UNSPLASH/Hendika S PRATAMAHama pada tanaman cabai, baik tanaman cabai di kebun atau di pot, dapat mengganggu pertumbuhannya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cabai adalah salah satu tanaman sayuran yang sering ditanam di rumah. Ketika menanam cabai di rumah, Anda juga perlu mewaspadai berbagai penyakit yang bisa menyerang.

Salah satunya adalah penyakit antraknosa pada cabai. Penyakit pada tanaman cabai ini disebabkan oleh jamur Colletotrichum spp. atau Colletotrichum capsici.

Dilansir dari Plant Wise, Minggu (30/5/2021), antraknosa merupakan salah satu penyakit jamur paling serius pada cabai. Penyakit ini menyebabkan pembusukan buah sebelum dan sesudah panen.

Baca juga: Cara Membasmi Hama pada Tanaman Cabai dengan Puntung Rokok

Antraknosa pada cabai ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam kecil melingkar pada kulit buah yang menyebar ke arah sumbu panjang, sehingga menjadi lebih kurang berbentuk elips.

Ilustrasi tanaman cabai, menanam cabai.SHUTTERSTOCK/KHAN3145 Ilustrasi tanaman cabai, menanam cabai.

Saat infeksi berlanjut, bintik-bintik menjadi menyebar dan abu-abu hitam atau kehijauan maupun kotor, atau dibatasi secara mencolok oleh garis luar hitam tebal dan tajam yang menutupi area berwarna hitam atau jerami yang lebih terang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Antraknosa biasanya berkembang dalam kondisi kelembaban tinggi ketika curah hujan terjadi setelah buah mulai matang.

Penyakit ini lebih mungkin berkembang pada buah yang matang, meskipun dapat juga terjadi pada buah yang belum matang.

Baca juga: 7 Sayuran yang Cocok Ditanam di Pot, Bayam hingga Cabai

Cara mencegah dan menangani penyakit antraknosa pada cabai

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mecegah dan menangani tanaman cabai terserang penyakit antraknosa, antara lain sebagai berikut.

  • Gunakan benih atau bibit cabai bebas patogen yang sehat.

Halaman:


Sumber Plant Wise
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.