Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Menghilangkan Jamur dan Lumut di Kamar Mandi

Kompas.com - 18/05/2021, 11:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi adalah area paling lembab di rumah atau apartemen Anda. Maka dari itu, tidak mengherankan jamur dan lumut kerap muncul dan berkembang, baik di lantai, dinding, dan permukaan lainnya di kamar mandi.

Namun, jangan khawatir. Sebenarnya menghilangkan jamur dan lumut di kamar mandi bukan hal yang sulit.

Dilansir dari Home Beautiful, Selasa (18/5/2021), ada beberapa cara mudah menghilangkan jamur dan lumut di kamar mandi. Pertama, lakukan dulu langkah-langkah pencegahan munculnya jamur dan lumut.

Baca juga: Murah Meriah, DIY Membuat Pewangi Kamar Mandi dengan Sabun Batang

Salah satunya, Anda perlu memastikan kamar mandi memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain jendela atau ventilasi, Anda dapat memasang exhaust fan di kamar mandi.

Kemudian, pastikan drainase di kamar mandi mengalir dengan baik, yakni melalui talang, pipa, maupun parit. Di samping itu, pastikan tidak ada genangan air di kamar mandi dalam jangka waktu lama.

Apabila jamur dan lumut sudah tumbuh dan berkembang di kamar mandi, berikut cara menghilangkannya.

1. Minyak pohon teh atau minyak cengkeh dan air

Kombinasi ini biasanya merupakan metode paling efektif untuk menghilangkan jamur secara alami. Tambahkan 15 tetes minyak pilihan Anda ke dalam botol semprot.

Baca juga: Pakai Cara Ini, Wastafel Kamar Mandi Lebih Bersih

Semprotkan ke area berjamur dan biarkan selama dua jam, semprotkan sedikit lagi, bersihkan.

2. Cuka putih

Bahan ini dikatakan membunuh sekitar 82 persen koloni jamur. Jadi, jika karena alasan tertentu Anda tidak suka menggunakan minyak cengkih atau minyak pohon teh dan menginginkan hasil terbaik berikutnya, cuka cocok untuk Anda.

Cukup masukkan sedikit cuka ke dalam botol semprot, semprotkan, biarkan selama satu jam, lalu bersihkan dengan air hangat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com