Kompas.com - 17/05/2021, 18:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kipas angin gantung merupakan pilihan pendingin ruangan yang nyaman dan hemat biaya untuk menjaga suatu ruangan tidak terasa panas tanpa adanya AC.

Kipas angin gantung dapat membantu mendistribusikan udara panas dan dingin, serta menjaga suhu yang ideal sekaligus lebih hemat listrik.

Namun, sama seperti barang elektronik lainnya, siapa pun harus siap untuk menghadapi beberapa permasalahan pada kipas angin gantung yang muncul suatu saat nanti.

Baca juga: 8 Jenis Kipas Angin Listrik dan Kegunaannya yang Harus Kamu Tahu

Melansir laman Finolex, Senin (17/5/2021), berikut ini adalah beberapa permasalahan yang bisa muncul saat memilili kipas angin gantung.

1. Lampu berkedip

Kipas angin gantung yang dilengkapi dengan lampu bisa memiliki masalah umum berupa lampu yang berkedip.

Lampu atau bohlam yang berkedip-kedip di kipas angin gantung bisa karena sambungan atau perlengkapannya yang longgar dengan bohlam.

Penyebab yang lebih parah dari lampu kipas angin gantung yang berkedip juga bisa karena fluktuasi tegangan, karena peralatan elektronik lainnya menarik lebih banyak daya daripada yang lain.

Baca juga: Cara Mendinginkan Ruangan dengan Kipas Angin Jika Tak Punya AC

Sebagai contoh, jika lampu kipas angin gantung mulai berkedip-kedip saat menyalakan mesin cuci, itu pertanda pasti adanya fluktuasi tegangan. Hubungi teknisi listrik untuk membantu memperbaiki masalah ini.

2. Goyah

Kipas angin gantung yang goyah seolah memperlihatkan kipas angin yang yang akan jatuh dari plafon.

Kipas angin yang goyah adalah masalah umum yang terjadi. Ada tiga alasan utamanya, yakni kipas angin berkualitas buruk, tidak dipasang dengan benar, atau memiliki bilah kipas yang rusak.

Alasan lain bisa jadi karena sambungan bilah kipas yang bengkok atau longgar. Hal ini dapat terjadi pada braket bilah, sekrup kotak, atau bagian terhubung lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.