Kompas.com - 17/05/2021, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah pribadi menjadi impian banyak orang, baik mereka yang sudah berkeluarga maupun masih lajang. Pasalnya, rumah adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dalam hidup.

Tak heran, membeli rumah adalah salah satu langkah besar yang dilakukan orang dalam hidupnya. Bahkan hal ini menjadi momen bahagia sekaligus membanggakan. 

Baca juga: Ada DP 0 Persen, Saatnya Segera Membeli Rumah?

Namun, berbeda dengan barang lainnya, membeli rumah tidaklah mudah. Selain membutuhkan banyak dana, proses membeli rumah membutuhkan berbagai persiapan dan waktu yang panjang.

Tak jarang, hal ini membuat pembeli melakukan banyak kesalahan, terlebih bila tidak mempersiapkan dengan baik sebelumnya. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Demi menghindari hal itu, sejumlah ahli pembelian properti dan agen real estate membocorkan kesalahan yang sering dilakukan pembeli saat membeli rumah. Apa saja? 

Berikut ini lima kesalahan paling umum yang dilakukan saat membeli rumah pertama dilansir dari laman Homes to Love, Senin (17/5/2021). 

Baca juga: 10 Kesalahan Saat Membersihkan Rumah, Justru Membuat Lebih Kotor

Tidak Memiliki Strategi

John Pidgeon, pendiri dan Direktur Solvere Wealth sekaligus pembawa acara Podcast My Millennial Money: Property, mengatakan, salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pembeli saat membeli rumah adalah terjun tanpa strategi.

"Strategi yang baik adalah strategi yang dipersonalisasi. Itu berarti memperhitungkan posisi keuangan Anda sendiri, tujuan jangka panjang dan jangka pendek Anda, dan keadaan pasar saat ini yang ingin Anda beli.” 

Baca juga: Feng Shui: 8 Pilihan Warna Pintu Rumah untuk Datangkan Energi Positif

Menurut John, memiliki strategi sebelum membeli rumah sangat penting. Sebab, strategi ini membantu Anda agar tidak terlalu mudah membuat keputusan berdasarkan laporan berita, emosi, dan saran dari teman dan keluarga. 

John mengungkapkan orang kerap membuat kesalahan ini lantaran membeli dengan terburu-buru untuk pertama kali dalam hidup mereka tanpa pengalaman atau perencanaan.
“Jadi, pelan-pelan mencari saran dan buat rencana yang dipersonalisasi.” 

Baca juga: 6 Bunga yang Mendatangkan Energi Positif di Rumah Menurut Feng Shui

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.