Kompas.com - 17/05/2021, 19:17 WIB
Ilustrasi balkon rumah yang dihiasi beragam tanaman hias. SHUTTERSTOCK/ISA LONGIlustrasi balkon rumah yang dihiasi beragam tanaman hias.

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah rumah atau apartemen Anda memiliki balkon? Jangan biarkan balkon rumah atau apartemen Anda kosong dan tampak membosankan.

Salah satu cara untuk mempercantik balkon rumah maupun apartemen adalah dengan meletakkan beragam jenis tanaman hias. Ini bisa dilakukan baik pada balkon yang terkena sinar matahari langsung maupun cenderung teduh.

Selain mempercantik balkon, tanaman hias juga dapat menahan panas, pantulan sinar matahari, maupun angin.

Baca juga: Tanaman Hias dan Sayuran yang Cocok Diletakkan di Balkon

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Senin (17/5/2021), berikut beberapa jenis tanaman hias yang dapat Anda pilih untuk diletakkan di balkon rumah maupun apartemen.

1. Tanaman terbaik untuk menciptakan privasi: Bambu

Bila balkon Anda terlalu dekat dengan balkon tetangga, tambahkan beberapa tanaman bambu ke balkon.

Tanaman ini dapat tumbuh rimbun dan ditanam di pot terakota yang memiliki kedalaman dan lebar setidaknya 24 inci. Karena bambu dapat bersifat invasif, sebaiknya tidak menanamnya di tanah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bambu membutuhkan sinar matahari penuh, teduh, dan lembab, serta tanah yang memiliki drainase baik.

Baca juga: Ingin Berkebun di Balkon Apartemen? Perhatikan 5 Hal Ini Terlebih Dulu

Ilustrasi jenis tanaman hias sukulen.PEXELS/YLANITE KOPPENS Ilustrasi jenis tanaman hias sukulen.

2. Tanaman yang tahan kekeringan: Sukulen

Sukulen adalah jenis tanaman hias yang mudah dirawat, namun juga cocok diletakkan di balkon. Sukulen pun sangat cocok di daerah dengan cuaca panas.

Dua jenis sukulen yang dapat tumbuh dengan baik di pot di luar ruangan adalah sedum dan sempervivum. Jika terlalu sering disiram, sukulen akan membusuk, jadi pastikan menyiramnya sebulan sekali saja atau ketika tanahnya mengering.

Saat cuaca dingin atau musim hujan, cukup bawa tanaman sukulen di pot ke dalam ruangan. Sukulen membutuhkan sinar matahari penuh dan tanah dengan drainase baik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X