Kompas.com - 17/05/2021, 17:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur merupakan area yang harus dibuat senyaman mungkin, dari penataan furnitur, elemen dekorasi, hingga pemilihan warna cat.

Percaya atau tidak, warna cat pada kamar tidur dapat mempengaruhi ketenangan dan kualitas tidur pada malam hari. Karena itu, penting memilih warna cat yang tepat untuk kamar tidur

Baca juga: 4 Pilihan Warna yang Cocok Dipadukan dengan Sage Green

Dilansir dari Reader's Digest, Senin (17/5/2021), ada beberapa warna yang seharusnya dihindari untuk diaplikasikan di kamar tidur. Warna apa saja?  Berikut ini enam warna yang sebaiknya dihindari untuk kamar tidur. 

Hitam

Selain menggelapkan ruangan, hitam dapat menciptakan ilusi bahwa ruangan terlihat lebih kecil dari yang sebenarnya. 

Baca juga: 10 Warna yang Dapat Mempercantik Tampilan Ruang Keluarga

Meski kegelapan membantu tertidur pada malam hari, hal itu akan menghambat kemampuan Anda untuk bangun pada pagi hari. Kegelapan secara psikologis akan menurunkan energi.

Neon

Warna neon seperti magenta juga tidak dianjurkan digunakan di kamar tidur karena membawa kegembiraan dan energi ke dalam ruangan. Getaran warna ini akan menciptakan ruangan yang energik dan berlawanan dengan tujuan utama dari sebuah kamar tidur, yakni ketenangan. 

Baca juga: Tips Memilih Warna Cat yang Sempurna untuk Dinding Rumah

Sebagai gantinya, direkomendasikan menggunakan warna abu-abu dan krem yang lebih terang. Warna hangat ini membantu tubuh rileks saat tiba waktunya untuk tidur.

Kuning

Kuning adalah warna yang sangat merangsang karena kebanyakan orang mengasosiasikan kecerahan dengan matahari dan pagi hari saat semua orang terbangun. 

Baca juga: 6 Warna Cat yang Dapat Memberikan Kenyamanan di Ruang Tamu

Meski warna ceria bagus untuk siang hari, mereka yang memilih cat kamar tidur dengan warna lemon lebih cenderung mengalami kesulitan untuk tidur pada malam hari.

Merah

Seperti kuning, merah adalah warna yang mencolok, terutama warna merah hangat dan merah muda cerah, dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman atau gelisah. 

Baca juga: Tips Memadukan Warna Cat Pada Hunian

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.