Kompas.com - 17/05/2021, 15:50 WIB
Ilustrasi berkebun di rooftop atau atap. SHUTTERSTOCK/AYA IMAGESIlustrasi berkebun di rooftop atau atap.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkebun merupakan salah satu aktivitas yang semakin diminat di masyarakat. Hal ini tak lain karena memberikan banyak manfaat.

Mulai dari, mengusir stres dan rasa jenuh, mendorong gaya hidup sehat, serta menjaga kesehatan mental

Baca juga: Ingin Berkebun di Balkon Apartemen? Perhatikan 5 Hal Ini Terlebih Dulu

Namun, sebelum memulai kegiatan berkebun, ada beberapa hal yang perlu dipahami. Dikutip dari kanal YouTube Kebun Kumara, Senin (17/5/2021), berikut ini lima hal yang perlu diketahui sebelum memulai berkebun. 

Observasi

Observasi adalah hal utama yang perlu diketahui dan dilakukan dalam kegiatan berkebun. Ada tiga observasi yang perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar tanaman

Baca juga: 9 Kesalahan Umum dalam Berkebun Sayuran

Pertama, observasi matahari. Sinar matahari adalah kunci untuk pertumbuhan tanaman yang subur. Ketahui apakah ruang untuk berkebun terkena matahari atau tidak, apakah teduh, dan berapa lama terkena matahari. Hal ini sangat menentukan tanaman apa yang bisa ditanam saat berkebun.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, air. Biasanya, tanaman disiram dua kali sehari untuk tumbuh subur. Jadi, pastikan memiliki akses air di kebun. 

Baca juga: Panduan Berkebun Hidroponik di Rumah untuk Pemula

Terakhir, tanah. Tanah merupakan faktor penting dan menjadi kunci dalam berkebun karena turut menentukan kesuburan tanaman. Kalau tanah yang digunakan baik dan lembap, tanah akan kuat menopang tanaman yang tumbuh.

Selain melakukan observasi, kamu juga perlu menjalani kegiatan berkebun bersama orang terdekat. Sebab, saat berkebun dengan orang terdekat, ada kesempatan untuk berinteraksi yang dapat semakin mengakrabkan hubungan. 

Baca juga: Ingin Berkebun di Rooftop? Perhatikan Hal Ini

Kecil dan Perlahan 

Saat memutuskan berkebun, sebaiknya mulai secara perlahan. Misalnya, tanam sedikit demi sedikit tanaman agar kamu sendiri bisa berproses.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mengobservasi, merawat, dan mengontrol kebun sebelum ke tahap yang lebih besar. 

Baca juga: 9 Bunga Hitam Eksotis yang Bisa Menambah Kecantikan Kebun Rumah

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X