Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Tanaman Hortikultura, Cocok untuk yang Suka Berkebun

Kompas.com - 11/12/2020, 12:26 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendengar nama tanaman hortikultura, mungkin itu masih terasa asing di telingamu, atau kamu pernah mendengarnya tapi tidak tahu itu apa.

Hortikultura sendiri merupakan bahasa latin yang yang terdiri dari kata "hortus" yang artinya kebun, dan "culture" yang berarti bercocok tanam.

Dilansir dari beberapa sumber, Jumat (11/12/2020), makna hortikultura adalah cara atau teknik bercocok tanam yang menggunakan media kebun atau pekarangan rumah sebagai Iahan.

Baca juga: Pupuk Organik Paling Baik untuk Tanaman, Ini Penjelasannya

Tanaman hortikultura memiliki dua fungsi, yang mana bisa sebagai sumber daya untuk dikonsumsi, dan juga untuk hal keindahan.

Umumnya, hasil yang diperoleh dari budidaya secara hortikultura selalu diupayakan lebih tinggi daripada cara budidaya tanaman lainnya, itu karena hortikultura menggunakan lahan atau area yang lebih luas untuk bercocok tanam.

Meski begitu, tanaman hortikultura tetap bisa dibudidayakan pada area kecil, seperti kebun atau pekarangan rumah, sehingga tanamannya dapat memberi manfaat langsung kepada yang membudidayakan.

Untuk mengetahui lebih jelas, tanaman hortikultura ini terbagi menjadi 4 kelompok berbeda seperti di bawah ini.

Baca juga: Apa Pengaruh Suhu pada Pertumbuhan Tanaman?

1. Sayuran

Kategori sayuran yang termasuk dalam kelompok tanaman hortikultura, di antaranya adalah kubis, bayam, wortel, kangkung, bawang merah, bawang putih, daun bawang, kol, selada, mentimun, buncis, paprika, dan masih banyak lagi.

2. Buah-buahan

Kategori buah-buahan pada tanaman hortikultura menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Buah-buah tersebut di antaranya tomat, semangka, jeruk, mangga, melon, stroberi, rambutan, pepaya, jambu, pisang, nanas, apel, anggur dan sebagainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com